Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemprov DKI Tunjuk Komnas Perempuan Sebagai Operator 119

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 02 Desember 2013, 12:47 WIB
Pemprov DKI Tunjuk Komnas Perempuan Sebagai Operator 119
FOTO:NET
rmol news logo Kasus kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak di Jakarta masih terbilang tinggi. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengaku sudah membahasnya bersama Komisi Nasional Perempuan.

Salah satu poin penting yang dirumuskan dalam pertemuan tersebut adalah mengaktifkan kembali 119 sebagai nomor bantuan darurat di ibukota.

"Kita ingin mengarahkan ke 119. Sekarang kan kalau ada kekerasan pada rumah tangga lapornya ke puskesmas. Di sana ada unit kayak keluarga yang bisa lapor ke polisi tapi nomernya pakai nomer HP jadi orang susah inget," ujar pria yang akrab disapa Ahok ini sebelum berangkat menuju Hotel Lumire, Senen, Jakarta Pusat, untuk menghadiri acara 'Rembuk Provinsi DKI Jakarta, Senin (2/12).

Menurut Ahok. selama ini terlalu banyak nomor darurat yang cukup sulit untuk diingat oleh warga. Akibatnya, warga yang terkena kasus kekerasan seksual atau sakit selalu terlambat tertangani.

"Jangan sampai kalau ditelpon ada suara 'duh sorry salah sambung' ini nomor rumah sakit. Nggak boleh begitu. Kita pelan-pelan mengarahkan agar kasus apapun ingetnya 119," paparnya.

Nomor bantuan darurat 119 ini, jelas Ahok, sudah terdaftar resmi di Dinas Kesehatan. Nantinya operator nomor panggilan tersebut diambil alih oleh Komnas Perempuan.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA