Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Revitalisasi Tempat Rekreasi Atlet Asian Games di Kemayoran Menelan Dana Rp 40 Miliar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 07 Desember 2017, 04:18 WIB
Revitalisasi Tempat Rekreasi Atlet Asian Games di Kemayoran Menelan Dana Rp 40 Miliar
Ilustrasi/Net
rmol news logo Sembilan bulan menjelang Asian Games 2018, Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran giat melakukan revitalisasi Hutan Kota Kemayoran.

Kawasan ini akan diproyeksi menjadi salah satu alternatif tempat singah bagi para peserta perhelatan olahraga bangsa-bangsa di Asia.

"Lokasi Hutan Kota Kemayoran ini akan menjadi alternatif rekreasi para atlet yang bertanding. Kami sedang memperbaiki semuanya. Jogging track akan selesai dalam dua minggu ke depan ini," ujar Direktur Perencanaan dan Pembangunan PPK Kemayoran, Riski Renando dalam siaran persnya, Rabu (6/12).

Riski juga telah melakukan peninjauan lokasi dengan melibatkan Direktur Pemberdayaan Kawasan PPK Kemayoran, Cecep Ferdy Firdaus Nugraha dan beberapa stafnya. Lokasi hutan kota ini persis di seberang Wisma Atlet di Kecamatan Pademangan tersebut.

Dalam pengamatannya, revitalisasi hutan kota yang terletak di Jalan Benyamin Sueb itu sudah ada kemajuan. Pihaknya juga tidak sendiri saat merevitalisasi kawasan tersebut, ada Dinas Tata Air Pemerintah Provinsi DKI yang menangani masalah pendangkalan danau yang penuh tumbuhan eceng gondok.

Dengan menggunakan dua buah ekskavator, selama enam bulan endapan lumpur dan gulma eceng gondok berhasil diangkat.

"Hasilnya, sekarang air danau lebih baik kondisinya dibandingkan sebelumnya yang berwarna kehitaman," tuturnya.

PPK Kemayoran menyiapkan dana Rp 40 miliar untuk menjalankan program revitalisasi hutan kota ini. Dana sebesar itu dibutuhkan untuk pemasangan turap (sheet pile) di kali sepanjang 1,2 km yang ada di pinggiran hutan kota.

Untuk yang berbatasan dengan lingkungan pemukiman penduduk diperkirakan menelan biaya paling besar hingga Rp 20 miliar.  

Selebihnya, dihabiskan untuk perbaikan lintasan jogging, pembangunan jembatan, pembuatan plaza, dan panggung di atas air yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan. Termasuk pembangunan menara pengawas di tiga titik.

"Kita akan membangun Plaza di dekat jembatan merah ini, berupa ruang terbuka untuk orang-orang bisa berkumpul. Kami juga sudah menanam mangrove untuk mengembalikan kondisi ekologi kawasan ini," tambah Riski.

Nantinya kawasan hutan kota ini akan dibuka bagi masyarakat umum yang ingin melakukan olahraga maupun rekreasi. Masyarakat bisa melakukan jogging, bersepeda, atau yang bagi hobi memancing tempat ini menjadi lokasi yang sangat menggoda.

Khusus para siswa sekolah, pihak PPK Kemayoran menyiapkan kawasan ini sebagai area hutan edukasi dimana mereka bisa mengenal tumbuhan, jenis-jenis burung, sekaligus mereka juga bisa melakukan kegiatan menanam pohon.

Menurut Riski pada bulan Januari, masyarakat bisa mendapatkan 40 jenis burung yang singgah saat melakukan migrasi di kawasan ini. Di samping itu hutan kota ini juga ditanami 50 jenis pohon yang bisa menjadi objek pembelajaran.

Dengan segala fasilitas yang telah diperbaiki, pihak PPK Kemayoran berharap kawasan hutan kota seluas 11,6 hektar ini dapat mendukung suksesnya pelaksanaan Asian Games 2018 mendatang. [nes]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA