Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Persiapan Asian Para Games Sudah Hampir 100 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 21 September 2018, 05:25 WIB
Persiapan Asian Para Games Sudah Hampir 100 Persen
Asian Para Games/Net
rmol news logo Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC) terus mematangkan persiapan pesta olah raga penyandang disabilitas se-Asia.

Ketua Umum INAPGOC Raja Sapta Oktohari menjelaskan, upacara pembukaan Asian Para Games 2018 pada 6 Oktober di Stadion Utama Gelora Bung Karno pukul 19.00 WIB dengan konsep acara yang mengambil pesan dan nilai keberagaman Indonesia yang menjadi satu kesatuan.

Lagu-lagu resmi Asian Para Games III akan dibawakan dalam upacara pembukaan yaitu Song of Victory, Dream High, Juara, dan Manusia Kuat. Pertunjukan berdurasi dua jam itu juga akan menampilkan para penyandang disabilitas sebagai bagian penting.

"Terkait dengan konsep opening ceremony kami akan menghadirkan semua talent dan pelaku-pelaku. Akan ada Jay Subiakto, Andi Rianto, Citra Subiakto, Tulus, Armand Maulana dan masih banyak lagi. Kami juga akan menampilkan artis-artis yang memiliki kemampuan dan penampilan luar biasa yaitu saudara kami yang menyandang disabilitas karena bagaimanapun tokoh utama dalam acara ini adalah mereka," papar Raja Sapta dalam keterangannya, Jumat (21/9).

Dari sisi penyelenggaraan, rangkaian Asian Para Games akan dimulai lebih awal yakni 2 Oktober karena harus mengadakan proses klasifikasi atlet hingga 5 Oktober. Berkaitan dengan hal tersebut, wisma atlet sudah dibuka secara resmi pada 1 Oktober dan siap menerima para atlet negara-negara Asia.

Persiapan venue juga sudah memasuki tahap akhir. INAPGOC menyiapkan 19 venue untuk 18 cabang olah raga karena paracycling menggunakan dua venue. Dari seluruh venue yang digunakan, delapan diantaranya di kawasan GBK. Secara keseluruhan venue sudah siap digunakan tetapi perlu penambahan fasilitas terutama untuk pengguna wheelchair, antara lain ramp, toilet portable, panggung penonton wheelchair.

"Persiapan sampai saat ini masih dalam proses pabrikasi karena semuanya nanti bersifat temporer dan setting tidak membutuhkan waktu yang lama. Progres sampai tanggal 17 September mencapai 95 persen dan direncanakan akan selesai pada tanggal 25 September," ujar Raja Sapta.

Dari sisi pemerintah, Asian Para Games 2018 juga diharapkan bisa mencapai sukses prestasi. Sebagaimana halnya penyelenggaraan Asian Games, pada Asian Para Games pemerintah juga sangat berharap agar diperoleh empat sukses yakni penyelenggaraan, prestasi, administrasi dan sukses legacy.

Adapun, tiket upacara pembukaan terbagi dalam empat kelas yakni platinum seharga Rp 2,5 juta, gold Rp 1,5 juta, silver Rp 750 ribu, dan bronze Rp 500 ribu. Pembelian tiket dapat dilakukan mulai 20 September secara online melalui asianparagames2018.loket.com.

"INAPGOC juga bekerja sama dengan Kementerian Sosial untuk menyediakan tiket upacara pembukaan bagi publik disabilitas," tambah Raja Sapta. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA