Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tewasnya Jak Mania, Pimpinan DPR: Bukan Pertama Kali

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 24 September 2018, 12:34 WIB
Tewasnya Jak Mania, Pimpinan DPR: Bukan Pertama Kali
Fadli Zon/Net
rmol news logo Insiden tewasnya suporter Persija Jakarta, Haringga Sirila karena dikeroyok oknum suporter Persib Bandung di Stadion GBLA, Bandung bukanlah satu hal baru.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Saya pikir ini bukan kejadian pertama ya," ujar Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/9).

Fadli menilai kejadian tersebut merupakan buntut dari fanatisme seseorang terhadap klub sepakbola yang tidak terkelola dengan baik.

"Kan masalah sepakbola ini kan olahraga yang menjadi bagian dari budaya rakyat dan biasanya sense of belonging terhadap klub itu tinggi, seperti di Inggris kan ada hooliganisme," jelasnya.

Menurut Fadli, klub sepakbola harus bisa melihat peluang bisnis dari suporter yang jumlahnya jutaan.

Sehingga, kata dia, dengan pembinaan yang tepat maka bukan hanya insiden tawuran yang berkurang. Tetapi, klub sepakbola bisa menghidupi manajemennya dari sumber daya suporter.

"Ini kalau ditata dengan baik akan menjadi satu industri yang menarik, karena potensi jumlah penggemar kita kan jutaan, jadi kita harusnya bisa membuat klub itu hidup dari fansclubnya ini," tukas Fadli. [jto]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA