Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Vettel Dipenalti, Hamilton Ngacir

Formula 1 AS

Senin, 22 Oktober 2018, 09:00 WIB
Vettel Dipenalti, Hamilton Ngacir
Lewis Hamilton/Net
rmol news logo Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton berhasil tampil sebagai yang tercepat dalam sesi kuali­fikasi F1 GP Amerika Serikat 2018 yang digelar kemarin pagi WIB. Hasil itu memperbesar peluangnya menjadi juara dunia musim ini.

Lewis Hamilton sukses meraih pole position setelah mencatatkan waktu terbaik 1 menit 32,237 pada saat kualifikasi. Lomba akan berlangsung Senin pagi WIB (22/10).

Sementara itu posisi kedua ditempati oleh Sebastian Vettel dari tim Ferrari yang terpaut 0,061 detik saja dari Hamilton. Sayangnya Vettel tak akan me­mulai balapan GP AS 2018 tepat di belakang saingannya itu lantaran mendapat penalti turun tiga posisi start.

Brendon Hartley (Toro Rosso) tercatat menjadi pebalap pertama yang tampil di lintasan Circuit of The Americas untuk mengikuti sesi kualifikasi. Di lain sisi, Sebastian Vettel (Ferrari) langsung melesat menjadi yang tercepat pada awal sesi Q1 dengan catatan waktu 1 menit 34,569 detik.

Akan tetapi catatan itu tak bertahan lama saat Lewis Hamilton (Mercedes) membu­kukan waktu putaran 1 menit 34,176 detik. Bahkan Hamilton mampu mempertajam catatan­nya tersebut menjadi lebih cepat 0,046 detik pada kesempatan keduanya.

Setelah berlangsung selama 18 menit, Q1 pun tuntas den­gan Fernando Alonso, Sergey Sirotkin, Lance Stroll, Marcus Ericsson, dan Stoffel Vandoorne menjadi lima pebalap pertama yang tereliminasi.

Setelah jeda beberapa saat, sesi kualifikasi F1 GP AS 2018dilan­jutkan dengan Q2 yang bergulir selama 15 menit. Begitu Q2 dim­ulai, persaingan ketat di papan atas kembali diisi oleh pebalap dari tiga konstruktor terbaik saat ini, yakni Mercedes, Ferrari, dan Red Bull Racing.

Sayang bagi Red Bull Racing, Max Verstappen tak dapat ikut bersaing karena mobilnya men­galami kerusakan suspensi bela­kang yang didapat saat Q1.

Bahkan Verstappen yang tak turun ke lintasan sepanjang Q2 harus rela menjadi satu di antara lima pebalap yang tereliminasi dalam sesi tersebut.

"Ini (pole) sangat penting, itu sangat ketat di sana (kuali­fikasi). Pastinya saya takkan melepas kans jadi juara dunia," kata Hamilton, dikutip dari Sky Sports. ***

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA