Juri Rochin Dilaporin Ke WBC

Tinju Dunia

Selasa, 04 Desember 2018, 10:07 WIB

Alejandro Rochin/Net

Alejandro Rochin, salah satu juri pada duel tinju Tyson Furry kontra Deontay Wilder dilaporkan ke World Boxing Council (WBC) atas tuduhan melakukan kesalahan penilaian.

Pelapornya adalah kubu Furry, melalui promotornya Frank Warren. Dia bersama British Boxing Board of Control (BBBoC) meminta WBC melakukan in­vestigasi terhadap Rochin yang memberikan skor dengan defisit terlebar dengan dua juri lainnya dan membuat Furry keok.

Rochin memberi skor 115- 111, juri Robert Tapper 114-112, dan juri Phil Edward memberi skor imbang 113. Dari penilaian itu, laga harus berakhir imbang melalui split decision.

"Juri Meksiko salah. Kasihan Tyson, dia telah dirampok. Saya sudah bicara dengan Presiden BBBoC, Charlie Giles dan ber­encana meminta peninjauan apa yang terjadi dan meminta pertar­ungan ulang kepada WBC," kata Warren dikutip Bolasport.

Mantan petinju dunia, Frank Bruno juga menilai Furry lebih berhak menang dari Wilder. "Perampokan di siang bolong. Respek untuk @Tyson_Fury. Dialah juaranya. Sebuah come­back yang fenomenal." cuitnya di twitter.

Penilaian serupa juga datang dari petinju asal Inggris lain, Lennox Lewis Kejadian itu membuat dia teringat memori pertarungannya melawan petinju Amerika. "Juri #WilderFury ini membuat saya teringat pertarun­gan dengan @holyfield. Ini menunjukkan betapa su­sahnya bagi petinju Inggris untuk datang ke Amerika dan merebut sabuk, meski semua orang jelas melihatnya," tulis­nya. Pemenang duel Wilder vs Fury digadang-gadang akan menantang Anthony Joshua un­tuk memperebutkan posisi juara kelas berat sejati. ***
Tag:

Kolom Komentar


loading