Alex Rins Bikin Klasemen Dinamis

Tercepat di MotoGP COTA

Selasa, 16 April 2019, 11:06 WIB

Pebalap Suzuki, Alex Rins/Net

Pebalap Suzuki, Alex Rins kini membentot perhatian publik usai finish sebagai yang tercepat di Circuit Of The Americas, Austin (COTA) Amerika, Senin (15/4) dini hari WIB.

Rins finis terdepan dengan catatan waktu 41 menit 45,499 detik unggul 0,462 detik dari pe­balap Monster Energy Yamaha, Velentino Rossi di posisi runner up pada balapan sepanjang 20 lap itu.

Capaian ini membuat pergera­kan posisi di klasemen sementara menjadi dinamis. Ditambah lagi setelah Marc Marquez merosot ke urutan empat dengan catatan 41 poin akibat gagal menerus­kan balapan karena terjatuh di tikungan ke-12.

Insiden itu jauh dari prediksi sebelumnya. Sebab, Marquez difavoritkan sebagai spesialis di COTA. Dia selalu menjadi juara di sirkuit tersebut sejak 2013.

Asal tahu saja, crash yang dia­lami Marquez merupakan kega­galan pertamanya di MotoGP Amerika. Karena itu, sang juara bertahan MotoGP tersebut men­gaku masih kebingungan nasib naasnya.

"Saya tidak tahu pasti. Tentu saja ada kesalahan jika saya jatuh saat sudah memimpin sejauh 3,5 detik, tapi hal itu bisa terjadi saat Anda merasa kuat dan memimpin," kata Marquez dikutip Motorsport.com.

Justru Rins yang sempat diga­dang-gadang sebagai "kuda hi­tam" MotoGP 2019 mampu fin­ish tercepat di COTA. Dia sem­pat terlibat kejar-kejaran dengan The Doctor-julukan Rossi yang finish tercepat kedua.

Bagi Alex Rins, finish seba­gai yang tercepat adalah capa­ian perdananya di MotoGP. Sekaligus kemenangan perdana Suzuki sejak MotoGP Inggris 2016 lewat Maverick Vinales.

Bahkan, Rins mengaku heran atas kemenangan tersebut. Sebab, dia sempat mengalami masalah pada pengereman sepanjang sesi latihan dan kualifikasi.

"Sungguh sulit dipercaya. Saat berada di belakang Vale, saya tertinggal 1,5 detik. Saya menyemangati diri sendiri, dan akhirnya berhasil mendekatinya. Saat dia melakukan kesalahan, saya menyalipnya," kata Rins kepada MotoGP.com.

Kolom Komentar


loading