Kunci Scudetto

Juventus vs Fiorentina 2-1

Senin, 22 April 2019, 09:04 WIB

Foto/Net

Juventus memastikan gelar juara Serie A 2018/19. Poin vital didapat setelah Nyonya Tua mengalahkan Fiorentina dengan skor tipis 2-1(1-1) dini hari kemarin WIB.

Tiga poin itu sangat krusial bagi Juventus, mereka sukses menjadi juara dengan lima pertandingan sisa karena sudah tidak lagi terke­jar rivalnya Napoli. Poin Juventus 87, sedang Napoli hanya 67.

Laga baru berjalan enam me­nit, Juve sudah kebobolan ter­lebih dahulu. Federico Chiesa berlari di sisi kanan lini serang Fiorentina dan melepaskan um­pan silang rendah ke muka gawang Wojciech Szczesny. Szczesny berhasil menepis bola, tetapi bola muntah ke kotak pen­alti yang dimanfaatkan Nikola Milenkovic dengan sempurna ke gawang kosong.

Begitu kebobolan, Juve menin­gkatkan intensitas serangan mer­eka. Di menit ke-15, skuad Juve sempat meminta hadiah penalti ketika pergerakan Cristiano Ronaldo dihalangi Ceccherini, tetapi wasit mengabaikannya.

Fiorentina bukannya tanpa per­lawanan, mereka justru lebih ber­bahaya. Giovanni Simeone meru­pakan salah satu pemain terbaik sejauh ini. Putra pelatih Atletico Madrid Diego Simeone itu sukses mencetak gol di menit ke-26, sayangnya wasit menganulir gol tersebut lantaran offside.

Terus berjuang, Juve akhirnya sukses menyamakan kedudukan menit 37. Pertahanan Fiorentina sedikit lengah karena terlalu asyik menyerang. Pjanic mendapat­kan bola muntah dari tendangan sudut dan melepaskan umpan silang lagi ke kotak penalti. Alex Sandro tidak menyia-nyiakan umpan tersebut dan mencetak gol sundulan yang impresif.

Tak butuh waktu lama, Juve berbalik unggul. German Pezzella membuat gol bunuh diri karena salah mengantisipasi um­pan silang Ronaldo menit 53.

Kapten Portugal ini menem­bus pertahanan Fiorentina dan melepaskan umpan tepat di mu­ka gawang untuk Bernardeschi. Pezzella bermaksud membuang bola, tetapi dia malah mencetak gol bunuh diri.

Penyerang andalan Juventus, Cristiano Ronaldo, boleh ke­cewa atas tersingkirnya Juve di ajang Liga Champions. Namun, secara keseluruhan, Ronaldo mengaku senang dengan musim pertamanya bersama Si Nyonya Besar setelah mampu membawa timnya mengunci gelar Serie A 2018-2019.

"Menurut saya, itu adalah musim pertama yang sangat ba­gus dan saya beradaptasi dengan baik. Kami memenangi scudetto dan Piala Super Italia, yang tentu saja tidak mudah untuk dicapai," ucapnya seperti dilansir FotMob dari Sky Sport Italia.

Pemain berusia 34 tahun itu itu bergabung dengan Juve dari Real Madrid tahun lalu dalam kesepakatan senilai 112 juta euro atau Rp 1,7 triliun. Sampai saat ini, Ronaldo telah mencetak 26 gol di semua kompetisi musim ini, termasuk 19 golnya di Serie A.

Ia juga mengaku masih ke­cewa lantaran tidak bisa mem­bawa Juventus ke semifinal Liga Champions.

"Ini adalah tahun kesuksesan, kami bahagia. Anda tidak bisa menang setiap saat. Kami mera­sa bahwa kami bisa berbuat lebih banyak, dan kami ingin menang, tetapi hanya satu pihak yang bisa memenangi Liga Champions," ujarnya.

Kolom Komentar


loading