Reuni di Stadion Anyar

Tottenham vs Ajax

Selasa, 30 April 2019, 08:05 WIB

Jan Vertonghen/Net

Tottenham akan menjamu Ajax Amsterdam pada leg pertama babak semifinal Liga Champions dini hari nanti WIB. Ini adalah duel antara dua tim kuda hitam yang telah menyajikan kejutan di babak-babak sebelumnya.

 Tottenham sampai di babak ini usai menyingkirkan Borussia Dortmund di babak 16 besar dan Manchester City di perempat final. Ajax lebih spektakuler, mengeliminasi Real Madrid dan Juventus untuk men­capai empat besar.

Ajax, yang merupakan pemi­lik empat gelar Liga Champions, mulai menunjukkan sinar seperti di masa-masa keemasan mereka. Berkat tangan dingin Erik ten Hag, Ajax musim ini mengge­brak di pentas domestik dan Eropa. Dengan pemain-pemain pilar seperti Dusan Tadic, Hakim Ziyech, Frenkie de Jong, David Neres hingga kapten Matthijs de Ligt, Ajax menjelma jadi kekua­tan yang menakutkan.

Beda dengan ketika mela­wan Madrid dan Juventus, kali ini Ajax lebih difa­voritkan. Melihat faktor sejarah, nama besar, ke­lengkapan skuad maupun performa, Ajax diyakini mampu melalui leg pertama ini dengan hasil yang memuaskan.

Ajax pun lebih bugar daripada lawannya. Itu didapat berkat 'du­kungan' seluruh tim Eredivisie, yang bersedia menunda seluruh pertandingan mereka akhir pekan kemarin demi membantu Ajax mempersiapkan diri untuk lawa­tan ke markas ke Tottenham.

Selain itu, yang tak kalah penting, lawan mereka akan turun dengan kekuatan timpang. Dua penyerang kunci Tottenham harus absen melawan Ajax. Son Heung- Min, yang berperan krusial dalam kesuksesan menyingkirkan City di perempat final, terkena skors­ing untuk leg pertama. Sementara itu, Harry Kane menepi akibat cedera. Kondisi Harry Winks, Erik Lamela dan Moussa Sissoko juga meragukan.

Sang manajer Mauricio Pochettino pasti berharap pemain-pemain yang ada mampu memberikan kontribusi terbaik demi hasil positif untuk dijadikan modal sebelum melakoni leg kedua di Amsterdam pada 8 Mei mendatang.

Ada setidaknya empat pemain Spurs yang bakal menarik perhatian. Pasalnya, mereka merupa­kan eks pemain-pemain Ajax. Empat pemain tersebut adalah Toby Alderweireld (2008-2013), Jan Vertonghen (2006-2012), Davinson Sanchez (2016- 2017) dan Christian Eriksen (2009-2013). "Ini laga penuh emosi. Tapi, saya bertekad membawa Spurs menang," kata Vertonghen.

Tottenham sudah tidak bisa lagi mengandalkan tuah stadion baru. Tottenham selalu menang tanpa kebobolan dalam empat laga pertamanya di Tottenham Hotspur Stadium. Catatan sempurna itu telah rusak dengan kekalahan 0-1 melawan West Ham di Premier League akhir pekan lalu.

Tottenham Hotspur Stadium terancam kembali ternoda saat menerima kunjungan sang rak­sasa Amsterdam. Fernando Llorente meminta Tottenham Hotspur meningkat performanya. Bekal mengecewakan harus dibawa Spurs usai menga­lami kekalahan perdana di hadapan fans mereka di stadion baru dari rival sekota, The Hammers.
Editor:

Kolom Komentar


Video

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Senin, 15 Juli 2019
Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019