Rossonerri Hancur Lebur

Torino vs AC Milan 2-0

Selasa, 30 April 2019, 09:08 WIB

Gennaro Gattuso/Net

Kondisi AC Milan di penghu­jung kompetisi Serie A 2018-19 bisa dibilang hancur lebur. Mereka terlempar dari zona Liga Champions dan harus nangkring di peringkat tujuh klasemen set­elah kalah 2-0 dari Torino pada laga lanjutan pekan ke-34 di Stadio Olimpico Grande Torino, dinihari kemarin WIB.

Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso mengakui, kekalahan dari Torino menunjukkam timnya bukanlah yang terbaik di Italia. Terlebih, akibat kekalahan lewat dua gol dari Andrea Bellotti (58’) dan Alex Berenguer pada menit ke-69, timnya jadi terancam gagal tampil di Liga Champions musim depan.

"Kami bukanlah yang terbaik di Italia, tetapi kami punya skuat yang bisa diperbaiki," ujar Gattuso dikutip Sky Italia, ke­marin. Eks punggawa Rossonerri ini juga mengaku terpukul lan­taran tak mampu memutus tren negatif mereka dalam tujuh pekan Serie Aterakhir.

Pasalnya, dalam periode terse­but, mereka cuma mendulang satu kemenangan, dua imbang, dan empat kekalahan.

Rekor negatif tersebut diakui Gattuso sebagai kesalahannya yang gagal menyuguhkan taktik dengan baik.

"Sebagai pelatih, saya bertanggung jawab. Ini adalah kesalahan yang telah saya buat. Saya akan belajar dari peristiwa ini, untuk lebih cermat dalam menganali­sis," ujarnya.

Selain belum mampu meny­usun strategi dengan akurat, pria yang kerap disapa Rino ini juga menyatakan masih belum fasih memotivasi pemain secara per­sonal. Termasuk dalam membuat konsep taktik yang mumpuni untuk mengantisipasi serangan lawan maupun menyerang.

"Saya mungkin masih butuh waktu lebih banyak memper­baiki kepribadian para pemain. Saya harap kedepan semua akan lebih baik," ucapnya.

Kekalahan kontra Torino mem­buat AC Milan harus turun tiga tingkat ke peringkat tujuh ber­bekal 56 poin. Mereka tertinggal dua angka dari penghuni terakhir zona Liga Champions alias per­ingkat empat, AS Roma.

Usai laga kontra Torino, kabarnya para direktur Milan seperti Ivan Gazidis, Leonardo, dan Paolo Maldini mengadakan rapat darurat yang berlangsung lebih dari 1,5 jam. Rapat tertutup itu juga dihadiri Gattuso.

Situasi ini membuat rumor pe­mecatan pelatih menjadi semakin nyata. Mengingat, saat ini Liga Italia tinggal menyisakan empat laga lagi. Apabila Milan tak hati-hati, mereka bisa saja tak lolos ke ajang Eropa musim depan.

Empat laga tersisa AC Milan akan menjamu Bologna dan Frosinone serta bertandang ke kan­dang Fiorentina dan SPAL.

Kolom Komentar


loading