Farah.ID
Farah.ID

Manfaatkan Celah Sanksi Transfer, Chelsea Sukses Permanenkan Kovacic

LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 02 Juli 2019, 16:06 WIB
Manfaatkan Celah Sanksi Transfer, Chelsea Sukses Permanenkan Kovacic
Mateo Kovacic/Chelsea FC
Chelsea secara resmi mengumumkan rekrutan pertama mereka pada bursa transfer musim panas ini, (1/7). Mateo Kovacic resmi dipermanenkan statusnya oleh The Blues. Padahal, sejatinya Chelsea tengah menjalani sanksi larangan transfer dari FIFA.

Chelsea memang masih menjalani larangan transfer selama satu tahun atau hingga bursa transfer musim panas 2020 mendatang. FIFA memberikan hukuman karena Chelsea telah melanggar aturan dengan merekrut pemain di bawah umur.

Namun demikian, ternyata ada celah yang bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh Chlesea untuk merekrut Mateo Kovacic. Karena pemain asal Kroasia itu sudah menjadi pemain pinjaman Chelsea sejak awal musim lalu.

Chelsea dan Real Madrid pun sudah sepakat bahwa The Blues akan merekrut Kovacic sebelum 30 Juni 2019 dengan nilai transfer 51 juta dolar AS (Rp 721 miliar). Kesepakatan ini sudah dibuat sejak awal kepergian Kovavic sebagai pinjaman Chelsea.

Sementara, sanksi larangan transfer terhadap Chelsea baru terimplementasi pada Februari 2019. Sehingga proses perubahan status Kovacic pun tidak melanggar aturan.

Kovacic sendiri langsung mendapat kontrak dengan durasi lima musim bersama The Blues. Gelandang 25 tahun ini mengaku senang bisa bergabung secara permanen di Stamford Bridge.

"Saya benar-benar menikmati masa pinjaman bersama Chelsea musim lalu. Saya merasa nyaman di klub, di Kota London, juga tampil di Premier League. Saya sangat bahagia bisa bergabung secara permanen," ucap Kovavic di laman resmi Chelsea.

"Kami telah meraih tahun yang sukses, meraih trofi Liga Europa. Saya berharap saya dapat memberi kontribusi besar di musim yang akan datang," pungkas dia.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA