Anies Baswedan Pastikan Jakarta Bakal Jadi Tuan Rumah Formula E 2020

Senin, 15 Juli 2019, 12:21 WIB | Laporan: Agus Dwi

Ajang balapan Formula E/Net

Kabar gembira datang dari Gubernur DKI, Anies Baswedan. Dalam kunjungan dinasnya ke Kolombia dan Amerika Serikat, Anies membawa 'oleh-oleh' bagi pencinta olahraga balap di Jakarta dan tanah air.

Seperti diungkap akun Instagram pribadinya, @aniesbaswedan, Jakarta bakal menjadi tuan rumah balapan Formula E pada musim 2020. Formula E merupakan generasi terkini dari balapan jet darat di dunia.

"Alhamdulillah, berhasil! Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di tahun 2020. Selepas World Cities Summit di Medellin, langsung terbang ke New York untuk tuntaskan negosiasi dengan lembaga pengelola Formula E," ucap Anies.

Kesuksesan Anies dalam meraih kepercayaan FIA Formula E tak diraih dalam waktu singkat. Proses sudah dimulai sejak tiga bulan silam. Bahkan tim Formula E sudah datang untuk melakukan uji lapangan di Jakarta pada 8-9 Juli lalu.

"Karena Jakarta berkompetisi dengan kota dunia lainnya, maka semua dikerjakan dengan tertib dan tak banyak bicara," imbuh Anies.

Puncaknya terjadi pada 13 Juli kemarin. Bersamaan dengan digelarnya final sesi 5 Formula E di New York, Anies melakukan negosiasi langsung dengan dua petinggi FIA Formula E, Alexandro Agag dan Alberto Longo.

Akhir pertemuan, kedua belah pihak sepakat bahwa Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah Formula E musim 2020. Menggelar ajang balapan yang relatif masih baru ini dipercaya bisa mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Mata dan kamera seluruh dunia akan datang dan menyorot Jakarta, ribuan penonton dari seluruh dunia akan hadir langsung. Tak terkira banyaknya juga adalah penonton dari dalam negeri. Yang tak kalah penting adalah manfaat pergerakan ekonomi pun akan dirasakan," lanjut Anies.

"Mari Jakarta, kita bersiap jadi tuan rumah laga kelas dunia!" pungkas Anies.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

Kamis, 08 Agustus 2019
Video

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Jumat, 09 Agustus 2019
Video

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Rabu, 14 Agustus 2019