MotoGP 2019

Motor Rossi Keluarkan Asap Saat Latihan, Tanda-tanda Buruk?

Minggu, 04 Agustus 2019, 12:26 WIB
Laporan: Agus Dwi

Motor Yamaha Rossi alami kerusakan saat latihan di Brno/Net

Upaya Valentino Rossi untuk kembali kompetitif di musim ini masih terus mengalami ujian. Jelang beradu cepat di GP Republik Ceko, motor yang ditunggangi Rossi justru mengalami masalah.

Seperti yang terjadi di sesi latihan bebas 2 di Srkuit Brno, Sabtu (3/8). Di tengah latihan, motor Rossi mengeluarkan asap putih kebiru-biruan yang cukup pekat.  

"Saya mengalami masalah dengan salah satu mesin saat latihan. Mesin yang bermasalah itu adalah mesin tua yang sudah punya kilometer sangat banyak," jelas Rossi, dikutip Crash, Sabtu (3/8).

Meski motornya mengeluarkan asap, Rossi tak langsung memarkirnya di pinggir sirkuit. Dia memilih untuk terus membawa motornya untuk kembali masuk ke pit lane.

Rossi beralasan, karena dia tak melihat ceceran oli yang disebabkan kerusakan di motornya. Dia pun sudah melakukan antisipasi agar mesin motornya tak makin rusak.

"Untungnya saya menarik kopling sebelum mesinnya rusak. Saya merasakan mesin drop. Tapi ketika Anda bisa cukup cepat menarik kopling, momen sebelum mesin pecah biasanya tidak kehilangan banyak oli," imbuh Rossi.

Rossi memang sempat menoleh ke belakang saat motornya mulai berasap. Termasuk melewati pinggiran trek agar jika ada oli yang tercecer tidak mengotori lintasan.

"Saya memeriksa kedua sisi dan saya melanjutkan (ke paddock) untuk alasan ini. Sebenarnya saya baru saja memindahkan ban ke motor lain dan kami mulai lagi karena saya tidak punya masalah," tutup Rossi.
Rossi akan memulai balapan di Brno, Minggu (4/8), di urutan ke-7 atau berada di baris ketiga. Sementara pole position diraih Marc Marqiez. 
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Penyebab Mahasiswa Unissula Meninggal Saat Diksar Mapala

Rabu, 04 Desember 2019
Video

Detik-detik Petugas BPBD Demak Evakuasi Sarang Tawon Vespa

Rabu, 04 Desember 2019
Video

Terlibat Penyelundupan Harley Davidson, Direktur Utama Garuda Dicopot Paksa

Kamis, 05 Desember 2019