Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pembangunan Sirkuit Mandalika Segera Dimulai, ITDC: Tak Ada Lagi Lahan Yang Bermasalah

Rabu, 06 November 2019, 08:54 WIB
Pembangunan Sirkuit Mandalika Segera Dimulai, ITDC: Tak Ada Lagi Lahan Yang Bermasalah
Lahan yang akan dibangun Sirkuit Mandalika/Net
rmol news logo Proses pembangunan Sirkuit Mandalika, Lombok, akan segera dimulai bulan depan. Mayoritas lahan pun sudah dibebaskan. Hanya tinggal sedikit saja yang masih dalam tahap negosiasi.

Pihak Tourism Development Corporation (ITDC), selaku penanggung jawab pembangunan Sirkuit Mandalika mengakui masih ada lahan yang belum sepenuhnya dibebaskan. Tapi hal itu tak akan mengganggu proses pembangunan sirkuit yang rencananya dilakukan mulai Desember 2019 ini.

"Kami sudah memegang HPL 1.035 hektare. Ada lahan 6,5 hektare yang kita harus bebaskan, tapi 2,5 hektare sudah kita bayar. Bisa dicek di lapangan. Sisanya kita negosiasi lah," kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer, di Gedung Kemenpora-RI, Selasa (5/11).

Abdulbar juga menjelaskan, proses pembebasan lahan ini didukung penuh oleh kebijakan Bupati Lombok Tengah dengan mengeluarkan Penentuan Lokasi). Pun didukung oleh UU No/2 tahun 2012 soal pembebasan lahan untuk pembangunan infrastruktur.

"Jadi sekarang sudah tidak ada lagi lahan yang bermasalah," tambahnya.

Abdulbar mengimbau bila ada yang mengklaim lahan tersebut, pihaknya siap tempuh jalur hukum sesuai UU yang ada.

Diketahui, Sirkuit Mandalika adalah proyek besar Pemerintah Indonesia untuk bisa menjadi tuan rumah ajang balap dunia MotoGP. Jika tidak aral melintang, Indonesia masuk dalam kalender balap MotoGP 2021. (01ris) rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA