Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lupakan Target Emas, Surfer Filipina Selamatkan Surfer Indonesia Yang Hampir Tenggelam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 07 Desember 2019, 13:32 WIB
Lupakan Target Emas, Surfer Filipina Selamatkan Surfer Indonesia Yang Hampir Tenggelam
Aksi Surfer Filipina Selamatkan Surfer Indonesia/Net
rmol news logo Mengharukan aksi luar biasa yang dilakukan surfer Filipina Roger Casugay. Ia malah menyelamatkan saingannya, Arip Nurhidayat dari Indonesia yang hampir tenggelam karena tali kekangnya lepas.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Casugay dan Arip tengah berjuang merebut medali emas SEA Games 2019 dalam  nomor longboard putra di La Union,  Jumat (6/12).

Saat pertandingan memasuki menit ke-18, tali kekang yang dikenakan Arip lepas dan surfer Indonesia itu tersapu ombak.

Casugay yang melihat insiden itu langsung menyelamatkan Arip dari tenggelam karena sapuan ombak yang mencapai tiga meter.

Melihat saingannya dalam bahaya, Casugay melupakan persaingan merebut emas meski sedang unggul angka atas Arip. Ia lebih mementingkan rasa kemanusiaannya. Arip berhasil diselamatkan. Regu penyelamat kemudian membawa Arip dan Casugay ke daratan.

Fox Sports mengabarkan Arip memberi penghormatan kepada Casugay usai menyelamatkan nyawanya. Arip mengangkat tangan Casugay sebagai, mendeklarasikan atlet asal Filipina itu sebagai 'juara'.

Insiden Casugay menyelamatkan Arip kemudian diunggah pihak SEA Games 2019 melalui akun Facebook. Pertandingan nomor longboard hingga kini masih ditunda menyusul insiden yang menimpa Arip.

"Di tengah-tengah kompetisi peselancar putra, tali kekang Arip Nurhidayat dari Indonesia putus dan tersapu oleh ombak. Roger Casugay dari Filipina datang untuk menyelamatkan, mengesampingkan pertempuran yang sedang berlangsung untuk medali emas," tulis pihak SEA Games 2019.

Sementara itu pihak CdM Indonesia, Harry Warganegara, membantah Arip mau tenggelam. Harry mengatakan ada miskomunikasi dengan juri cabang selancar saat tali kekang Arip lepas.

"Waktu Arip mau paddle ke tengah datang ombak besar yang berakibat talinya putus. Arip berenang ke tengah menghindari impact zone dan memberi sinyal jempol ke juri sambil sambil menunggu caddy membawa papan cadangan. Namun, sinyal Arip disalahartikan sebagai distress call sehingga juri menginstruksikan agar Roger Casugay untuk mendayung ke arah Arip, yang membuat pertandingan dihentikan dan menyuruh mereka berdua balik ke pantai dengan papannya Roger," ucap Harry dalam laporan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA