Bertemu IBL, BOPI Bahas Hukum Penyelenggaraan Olahraga Profesional

Rabu, 12 Februari 2020, 02:51 WIB
Laporan: Angga Ulung Tranggana

Pengurus BOPI saat menerima jajaran IBL/Ist

Badan Oahraga Profesional Indonesia (BOPI) menyosialisasikan sistem hukum penyelenggaraan olahraga profesional Indonesia.

Pembahasan itu disampaikan saat menerima rombongan Indonesian Basketball League (IBL) yang dipimpin oleh Dirut IBL Junas Miradiarsyah di Kantor BOPI, Gedung PP Itkon Kemenpora, Selasa (11/2).

Ketua Umum BOPI Richard Sam Bera menjelaskan, BOPI memiliki tugas dan fungsi melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap semua pelaku olahraga profesional.

Richard menjelaskan, sebagai regulator yang mengacu pada Pasal 87 UU 3/2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN), BOPI diberi tugas untuk memastikan seluruh event olahraga profesional berjalan sesuai peraturan hukum yang berlaku.

“Perhatian BOPI adalah di industri olahraga profesional, dalam konteks peraturan perundang-undangan negara Indonesia yang berlaku, mulai dari izin tinggal untuk atlet asing, perpajakan, standar fasilitas kesehatan dan beberapa kewajiban lainnya,” urai Richard, Jakarta, Selasa (11/2).

Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah menyatakan bahwa pihaknya siap berkoordinasi dengan BOPI untuk memastikan penyelenggaraan IBL sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Junas menambahkan, sistem pembangunan olahraga profesional yang disampaikan oleh BOPI senafas dengan komitmen IBL.

Junas menyatakan bahwa dalam membangun industri olahraga profesional, IBL tidak bisa bekerja sendiri. Kata Junas, perlu kerjasama dengan berbagai pihak termasuk BOPI selaku kepanjangan tangan pemerintah.

“Kita siap menerima arahan teknis hal-hal apa saja yang sesuai aturan. Apakah pelaksanaan di liga kita sudah memenuhi persyaratan yang berlaku apa belum, nanti bisa diberi pendampingan BOPI,” terang Junas.

IBL tambah Junas, juga siap melakukan koordinasi rutin dengan BOPI baik dalam bentuk pertemuan rutin dan juga sosialisasi dengan pelaku liga bola basket profesional Indonesia.

Kolom Komentar


Video

Darurat Corona, Dr. Tirta: Ini Saatnya Karantina Wilayah Per Provinsi

Sabtu, 28 Maret 2020
Video

Darurat Corona! Pasien Ini Ciptakan Lagu Nge-Rap Setelah Sembuh Dari Covid-19

Minggu, 29 Maret 2020