Setelah GPQatar Tanpa MotoGP, 3 Seri Berikutnya Berpotensi Batal Digelar

Selasa, 03 Maret 2020, 17:30 WIB
Laporan: Agus Dwi

Seri-seri awal MotoGP musim ini terganggu oleh wabah corona/Net

Gelaran MotoGP musim 2020 jadi kompetisi balap dunia yang terdampak virus corona. Seri pertama di Qatar pun dipastikan digelar tanpa ada kelas elite, MotoGP.

Sirkuit Losail Qatar dijadwalkan membuka MotoGP musim ini pada 8 Maret mendatang. Namun, seiring kepastian Qatar ikut menjadi negara yang terkena wabah corona, seri perdana tersebut dipastikan tanpa kelas MotoGP.

"Seiring larangan kunjungan yang ditetapkan Pemerintah Qatar terhadap mereka yang berasal dari Italia, kelas utama tak akan ditampilkan di Losail. FIM, IRTA, dan Dorna dengan berat hati mengumumkan pembatalan kelas MotoGP, termasuk balapan," demikian pernyataan resmi FIM, dikutip Crash.

Namun demikian, seri Qatar akan tetap menggelar kelas Moto2 dan Moto3. Pasalnya, seluruh tim balap sudah terlanjur berada di Qatar. Kelas Moto2 akan menggantikan MotoGP yang biasanya dilakukan pada malam hari.

Kebijakan yang dibuat Qatar berpotensi diikuti negara-negara yang akan jadi tuan rumah di seri-seri berikutnya. Yaitu Thailand, Amerika Serikat, dan Argentina.

Thailand sendiri tampaknya akan nekat menggelar seri kedua musim 2020 ini di Sirkuit Buriram. Sebab, keberadaan MotoGP mampu mendongkrak industri pariwisata yang ikut terpuruk setelah dilanda wabah corona. Hingga saat ini Thailand mencatatkan 42 kasus virus corona.

Namun, Pemerintah Thailand tak akan menggelar balapan sesuai jadwal awal yaitu pada 22 Mare 2020. Namun, belum ada kejelasan kapan seri Thailand akan digelar kembali.

Sementara Amerika Serikat meski akan membolehkan tim-tim balap memasuki negaranya, tapi tetap akan mewaspadai mereka yang berasal dari Italia. Padahal, tim Ducati dan Aprilia dipastikan punya banyak orang Italia di dalamnya.

Rumor yang berkembang, MotoGP musim ini tampaknya belum akan dimulai hingga memasuki putaran Eropa pada Mei mendatang di Jerez, Spanyol.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Darurat Corona, Dr. Tirta: Ini Saatnya Karantina Wilayah Per Provinsi

Sabtu, 28 Maret 2020
Video

Darurat Corona! Pasien Ini Ciptakan Lagu Nge-Rap Setelah Sembuh Dari Covid-19

Minggu, 29 Maret 2020