Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda, 65 Persen Sponsor Belum Tentukan Sikap

Ilustrasi/Net

Mundurnya pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020 membuat dua pertiga sponsor ragu dan belum memutuskan apakah akan terus mendukung atau tidak.

Dalam jajak pendapat yang diterbitkan pada Kamis malam oleh media Jepang NHK, 65 persen dari sponsor yang disurvei mengatakan mereka belum memutuskan apakah akan memperpanjang dukungan keuangan mereka untuk satu tahun lagi atau tidak.

Menurut NHK, beberapa perusahaan menyuarakan keprihatinannya. Mereka khawatir kegiatan promosi mereka di sekitar Olimpiade dapat dikurangi karena tindakan pengurangan kerumunan yang diberlakukan akibat virus corona.

Mereka juga khawatir Olimpiade bisa dibatalkan sama sekali, setelah beberapa pejabat senior Olimpiade mengatakan Olimpiade Tokyo harus diadakan tahun depan atau tidak sama sekali.

Banyak juga mengatakan mereka belum memutuskan apakah akan memperpanjang sponsor mereka karena mereka belum membuka negosiasi dengan pihak penyelenggara.

CEO Olimpiade Tokyo 2020 Toshiro Muto mengungkapkan pada Jumat (12/6) malam bahwa panitia belum menghubungi sponsor karena keadaan darurat virus corona yang diumumkan di Jepang sesaat setelah Olimpiade dinyatakan ditunda pada akhir Maret lalu.

Meskipun demikian, ia berusaha meredakan pihak sponsor yang khawatir  Olimpiade akan dibatalkan.

“Saya tidak berpikir ada orang yang benar-benar bisa menjanjikan 100 persen yakin bahwa Olimpiade dan Paralimpiade akan diadakan pada 2021 dalam keadaan apa pun,” katanya seperti dikutip dari AFP, Jumat (12/6).

Tetapi dia menekankan bahwa para sponsor harus yakin pada komitmen dan dedikasi dari panitia yang tetap akan berusaha mengadakan Olimpiade, bagaimanapun caranya.

Lebih dari dua pertiga (68 persen) responden mengatakan, virus corona telah menyebabkan kerugian pada kondisi keuangan mereka, karena penyelenggara harus mendanai penundaan Olimpiade yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Sementara itu, mantan PM Jepang, Yoshiro Mori yang juga menjabat sebagai Presiden Olimpiade Tokyo mengatakan perubahan yang terjadi akibat pandemik membuat mereka harus merencanakan ulang apa yang sudah disusun.

“Dunia telah berubah secara sosial, ekonomi dan medis, sehingga kami telah menjelaskan kepada IOC bagaimana kami telah merencanakan ulang dan memposisikan ulang organisasi kami,” kata Mori.

Presiden IOC Thomas Bach mengatakan kepada AFP dalam sebuah wawancara pada minggu ini bahwa mereka sedang mencari cara untuk menghemat biaya event olah raga empat tahunan ini.

“Kami sedang mencari cara untuk menyederhanakan organisasi Olimpiade, bagaimana kita dapat mengurangi kerumitan Olimpiade, bagaimana kita dapat menghemat biaya untuk Olimpiade yang ditunda ini.”
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Berstatus Tersangka, Jack Boyd Lapian Jalani Pemeriksaan Perdana Di Bareskrim

Jumat, 03 Juli 2020
Video

Agak Sulit ya Ternyata Bekerja Dengan Baik dan Benar

Minggu, 05 Juli 2020
Video

New Normal New Ideas

Minggu, 05 Juli 2020

Artikel Lainnya

Kejar Target, Ganjar Pranowo Pastikan GOR Jatidiri Selesai Tahun Depan
Olahraga

Kejar Target, Ganjar Pranowo..

22 Juni 2020 10:02
Infrastruktur Belum Kelar Karena Tersandung Pandemik. Singapura Batalkan Ajang Balap F1 2020
Olahraga

Infrastruktur Belum Kelar Ka..

13 Juni 2020 09:57
Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda, 65 Persen Sponsor Belum Tentukan Sikap
Olahraga

Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda..

13 Juni 2020 09:41
Kecuali Untuk Sepak Bola, Stadion Wibawa Mukti Cikarang Sudah Bisa Digunakan Masyarakat
Olahraga

Kecuali Untuk Sepak Bola, St..

09 Juni 2020 15:39
Tuntut Ketua KONI Kudus Mundur, 36 Pengkab Lakukan Mosi Tidak Percaya
Olahraga

Tuntut Ketua KONI Kudus Mund..

09 Juni 2020 10:52
Hemat Di Tengah Pandemik, Brasil Mundur Dari Pencalonan Tuan Rumah Piala Dunia Wanita 2023
Olahraga

Hemat Di Tengah Pandemik, Br..

09 Juni 2020 08:22
3 Hari Dirawat Di Rumah Sakit Karena Positif Covid-19, Legenda NBA Diizinkan Pulang
Olahraga

3 Hari Dirawat Di Rumah Saki..

26 Mei 2020 09:21
Juara Dunia Bulutangkis Asal Indonesia Ucapkan Selamat Tinggal
Olahraga

Juara Dunia Bulutangkis Asal..

18 Mei 2020 11:25