Start Di Posisi Ketiga, Marc Marquez Tebar Ancaman Bagi 2 Pembalap Yamaha Di Depannya

Marc Marquez akan mengawali balapan di Sirkuit Jerez Spanyol dari posisi ketiga/Net

Penantian para pencinta ajang balap motor dunia MotoGP bakal berakhir hari ini. Setelah tertunda akibat pandemik Covid-19 yang melanda dunia, MotoGP akan melakukan balapan perdananya musim ini di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (19/7).

Menariknya, meski berlaga di tanah kelahirannya, juara bertahan Marc Marquez justru gagal meraih pole position saat menjalani kualifikasi, Sabtu (18/7). Pembalap tim Repsol Honda itu harus rela memulai balapan dari posisi ketiga.

Sementara dua posisi terbaik pada start yang berlangsung Minggu sore nanti dikuasai dua pembalap muda Yamaha dari tim berbeda. Pole position diraih Fabio Quartararo dari tim satelit Petronas Yamaha  dengan catatan waktu 1:36.705 detik. Disusul Maverick Vinales yang membela tim pabrikan Monster Yamaha yang berselisih 0,139 detik.

Namun demikian, Marquez justru menebar ancaman bagi duo Yamaha yang akan start di depannya nanti. Bagi dirinya, balapan di GP Spanyol nanti akan jadi pembuktian kalau dirinya memang sudah sangat siap kembali menjadi yang terbaik.

"Pada FP4 kecepatan mulai membaik. Tapi hal yang paling sulit adalah mempertahankan ritme dan memahami hal-hal penting untuk mempertahankan kecepatan balapan dalam banyak putaran. Besok (hari ini, red) akan jadi momen krusial, dua pembalap Yamaha punya kecepatan yang bagus juga," ucap Marquez, seperti dikutip Crash.

Marquez sendiri harus berusah payah untuk bisa meraih kondisi fit jelang GP Spanyol atau balapan perdana musim ini. Dia mengalami kendala beradaptasi dengan kemampuan Honda RC213V versi 2020. Kondisi semakin sulit karena dia juga mengalami cedera bahu.

Marquez kemudian mencoba sasis edisi 2019 yang digabungkan dengan mesin edisi 2020. Hasilnya memang cukup memuaskan. Setidaknya, seperti pengakuannya, kecepatan motor RC213V mulai membaik saat melakukan latihan bebas ke-4 (FP4) sebelum jalani kualifikasi.

Untuk diketahui, GP Spanyol di Sirkuit Jerez merupakan seri perdana dari MotoGP musim ini. Rencananya, musim ini MotoGP akan dilangsungkan dalam 16 balapan. Tiga di antaranya masih dalam tahap konfirmasi.

Sebenarnya, balapan MotoGP musim ini sudah dimulai di Sirkuit Losail, Qatar, pada 8 Maret silam. Namun, saat ini penyebaran virus Covid-19 sudah mulai melanda dunia. Hingga seri balapan MotoGP saat itu pun dibatalkan. Sementara untuk Moto2 dan Moto3 masih tetap dilansungkan.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

RMOL World View With Colombian Ambassador for Indonesia, H.E Juan Camilo Valancia

Senin, 10 Agustus 2020

Artikel Lainnya

Stadion Gelora Bangkalan Disurvei Jelang Piala Dunia U-20
Olahraga

Stadion Gelora Bangkalan Dis..

03 Agustus 2020 20:42
Tampil Konsisten Di Menit-menit Akhir, Quartararo Kembali Raih Pole Position Di Sirkuit Jerez
Olahraga

Tampil Konsisten Di Menit-me..

26 Juli 2020 01:42
Operasi Berjalan Sukses, Marquez Tak Sabar Kembali Ke Sirkuit
Olahraga

Operasi Berjalan Sukses, Mar..

22 Juli 2020 17:59
Menanti Olimpiade Tokyo 2020, Komite Penyelenggara: Vaksin Adalah Kunci
Olahraga

Menanti Olimpiade Tokyo 2020..

22 Juli 2020 13:18
Start Di Posisi Ketiga, Marc Marquez Tebar Ancaman Bagi 2 Pembalap Yamaha Di Depannya
Olahraga

Start Di Posisi Ketiga, Marc..

19 Juli 2020 05:59
Kembali Alami Masalah Elektronik, Sean Gelael Gagal Raih Poin
Olahraga

Kembali Alami Masalah Elektr..

19 Juli 2020 04:21
Kejar Target, Ganjar Pranowo Pastikan GOR Jatidiri Selesai Tahun Depan
Olahraga

Kejar Target, Ganjar Pranowo..

22 Juni 2020 10:02
Infrastruktur Belum Kelar Karena Tersandung Pandemik. Singapura Batalkan Ajang Balap F1 2020
Olahraga

Infrastruktur Belum Kelar Ka..

13 Juni 2020 09:57