Farah.ID
Farah.ID

Takut Corona, Thailand Undur Diri Dari Perhelatan Piala Thomas dan Uber 2020 Denmark

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 08 September 2020, 17:01 WIB
Takut Corona, Thailand Undur Diri Dari Perhelatan Piala Thomas dan Uber 2020 Denmark
Ilustrasi Piala Thomas-Uber/Net
Thailand resmi mengundurkan diri dari perhelatan Piala Thomas dan Uber setelah mantan juara dunia Ratchanok Intanon bersama pemain lain menyatakan pengunduran diri karena kekhawatiran akan virus corona pada Selasa (8/9).

Itu menambah daftar panjang beberapa negara termasuk Taiwan dan Australia yang juga turut menarik diri dari perhelatan yang sedianya akan digelar di Denmark pada Oktober mendatang.

"Taiwan yang memiliki tim putri nomor satu dunia Tai Tzu-ying dan Australia juga melewatkan turnamen, yang akan dimainkan dalam 'gelembung' bio-secure di Denmark pada Oktober," kata Federasi Bulu Tangkis Dunia, seperti dikutip dari AFP, Selasa (8/9).

Piala Thomas dan Uber yang telah dua kali ditunda akan menjadi turnamen internasional pertama sejak pandemik menghentikan gelaran kejuaraan bulu tangkis pada Maret lalu.

"Thailand menyalahkan penarikannya pada keadaan khusus terkait Covid-19 selain cedera pada pemain kunci," kata BWF dalam sebuah pernyataan.

Presiden Asosiasi Bulu Tangkis Thailand Patama Leeswadtrakul mengatakan secara terpisah, keputusan tersebut dipicu oleh mundurnya beberapa pemain.

"Meskipun langkah-langkah dan prosedur ketat Denmark diterapkan pada para pemain, dapat dimengerti bagi beberapa pemain tim penuh untuk mundur karena mereka khawatir tentang pandemik," katanya.

Pelatih Ratchanok Patpapol Ngensrisuk mengatakan kepada AFP bahwa pebulu tangkis peringkat lima dunia itu khawatir tertular virus corona menjelang Olimpiade Tokyo tahun depan yang ditunda.

"Ratchanok sangat prihatin dengan Covid-19 karena dia sudah lolos ke Olimpiade. Jadi jika dia tertular virus, maka dia khawatir tentang masa depannya (di Olimpiade)," kata Patpapol.

"Tujuan utamanya sekarang adalah Olimpiade," tambahnya.

Namun, PV Sindhu dari India, salah satu atlet wanita berpenghasilan tertinggi di dunia, telah membatalkan keputusannya untuk melewatkan Piala Uber.

Sindhu sebelumnya mengundurkan diri karena alasan acara keluarga, tetapi dia sekarang telah mengubah rencananya menyusul permintaan dari asosiasi bulu tangkis India.

Dua turnamen lainnya akan digelar di Denmark setelah Piala Thomas dan Uber pada 3-11 Oktober, diikuti tiga turnamen berturut-turut mulai 10 November di Asia, di lokasi yang belum diumumkan.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA