Farah.ID
Farah.ID

Peringatan Haornas 2020, Airlangga Hartarto Sabet Penghargaan Pembina Olahraga Berprestasi

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 09 September 2020, 12:05 WIB
Peringatan Haornas 2020, Airlangga Hartarto Sabet Penghargaan Pembina Olahraga Berprestasi
Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Net
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo sebagai ketua umum Pengurus Pusat Wushu Indonesia.

Penghargaan itu diberikan Presiden Jokowi bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2020. Dalam peringatan tahun ini, pemerintah memberikan penghargaan kepada para pemangku dan pelaku olahraga nasional.

Tema peringatan Haornas 2020 adalah "Sport Science, Sport Tourism & Sport Industry".

"Penghargaan akan diserahkan langsung melalui virtual oleh Presiden Joko Widodo pada puncak peringatan Haornas, Rabu (9/9) mulai pukul 18.30 di GOR POPKI, Cibubur," ujar Sekjen PP Wushu, Ngatino Salim, di Jakarta.

Airlanggar Hartarto, kata Ngatino, dinilai berjasa memajukan olahraga wushu di Indonesia dalam kapasitasnya sebagai ketua umum.

"Di bawah kepemimpinannya, atlet-atlet wushu Indonesia meraih prestasi di berbagai ajang persaingan internasional, termasuk kejuaraan dunia dan single-event lainnya," katanya.

Salah satunya adalah Edgar Xavier Marvelo, atlet wushu asal DKI Jakarta berusia 21 tahun yang menyumbang tiga medali emas untuk Indonesia pada Kejuaraan Dunia Wushu 2019 di Shanghai, Cina.

Edgar Xavier Marvelo dianugerahi atlet berprestasi bersama Ni Nengah Widiasih dari cabor atletik.

Seluruhnya ada 16 insan terbaik tanah air yang akan mendapatkan penghargaan dari pemerintah melalui Kemenpora terkait peringatan Haornas 2020. Penghargaan diberikan kepada pembina olahraga, penggerak olahraga, dan pelaku olahraga berprestasi tahun 2020.

Airlangga Hartarto dianugerahi penghargaan pembina olahraga berprestasi bersama tujuh orang lainnya. Yakni, Mochamad Basoeki Hadimoelyono, Edhy Prabowo, Mayjen (Purn) Djoko Pramono, Rohidin Mersyah, Longki Djonggala, Hendrar Prihadi, dan Harry Warganegara.

Penghargaan penggerak olahraga berprestasi disampaikan kepada Tri Suswati Karnavian dan Letjen TNI Joni Supriyanto.

Penghargaan pelatih berprestasi, kepada Jonifirdaus Effendi. Lainnya, Komarudin dan Suryopratomo.

ARTIKEL LAINNYA