Penelitian: Satu Unggahan Instagram Cristiano Ronaldo Sedot Daya Setara Dengan Sepuluh Rumah Tangga Di Inggris Selama Setahun

Popularitas Cristiano Ronaldo di lapangan hijau dan media sosial tidak bisa dipandang sebelah mata/Net

Cristiano Ronaldo merupakan bintang lapangan hijau yang digemari di seluruh dunia. Popularitasnya bahkan membuatnya sebagai salah satu bintang di sosial media Instagram.

Baru-baru ini ada sebuah penelitian menarik terkait dengan dampak lingkungan dari media sosial yang mengungkapkan bahwa satu unggahan Instagram dari Ronaldo kepada 240 juta pengikutnya menghabiskan energi yang setara dengan energi atau daya dari sepuluh rumah tangga di Inggris selama satu tahun.

Hal itu terjadi lantaran pesepakbola asal Portugal itu merupakan sosok yang paling banyak diikuti di platform media sosial.

Dengan banyaknya pengikut itu, Ronaldo dapat mengantongi hingga 1 juta dolar AS untuk satu unggahan media sosial yang disponsori. Namun di sisi lain, unggahan dari bintang Juventus itu juga bisa menimbulkan "biaya" lainnya.

Pasalnya, studi yang dilakukan sebagai bagian dari investigasi oleh program "Dispatches" Channel 4 itu menemukan bahwa satu unggahan gambar di akun media sosial Ronaldo dapat dilihat hingga ratusan juta kali oleh para pengikutnya (followers). Hal tersebut berimbas pada penggunaan jaringan dan konsumsi energi.

Dr. Rabih Bashroush dari University of East London yang terlibat dalam penelitian tersebut menjelaskan bahwa tingkat konsumsi jaringan dan energi itu tergantung pada berbagai parameter seperti ukuran foto, jarak yang ditempuh melalui internet dan di mana foto disimpan.

"Semakin jauh gambar tersebut menyebar, semakin banyak energi yang dikonsumsinya," ujarnya.

"Jadi, contoh terbaik adalah Cristiano Ronaldo, pesepakbola Portugal. Dia memiliki sekitar 240 juta pengikut. Setiap kali Cristiano Ronaldo mengunggah gambar, katakanlah gambar rata-rata, agar gambar itu dikirim ke 240 juta pengikutnya, memakan kira-kira sekitar 36 megawatt jam. Itu setara dengan menambahkan 10 rumah tangga Inggris ke jaringan selama satu tahun," sambung Bashroush seperti dikabarkan Russia Today (Selasa, 17/11).

Pesona Ronaldo di sosial media memang tidak bisa diragukan. Dilaporkan bahwa pada tahun lalu, Ronaldo mendapatkan lebih banyak uang melalui akun Intagram-nya daripada bermain untuk Juventus.

Penghasilannya diperkirakan sekitar 50 juta dolar AS dari unggahan disponsori di Intagram. Jumlah itu jauh lebih tingga dari gajinya di Juventus yakni 34 juta dolar AS.

Jangkauan Ronaldo di Instagram jauh melebihi para rival sepak bolanya. Lionel Messi dikabarkan memperoleh kurang dari setengah dari penghitungan tahunan Ronaldo pada tahun 2019.

Kolom Komentar


Video

Rekaman CCTV Anggota Brimob Tewas Dikeroyok

Senin, 19 April 2021
Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan • Reshuffle Kabinet Dan Koalisi 2024

Selasa, 20 April 2021
Video

Rekaman CCTV Kecelakaan Di Cileungsi, Mobil Box Parkir Ditabrak Mobil Box

Selasa, 20 April 2021

Artikel Lainnya

NOC Indonesia Sambut Antusias Keppres Pencalonan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032
Olahraga

NOC Indonesia Sambut Antusia..

21 April 2021 18:09
Perwakilan ITO Di Olimpiade Tokyo Butuh Refreshment, NOC Indonesia Siap Cari Solusi
Olahraga

Perwakilan ITO Di Olimpiade ..

20 April 2021 13:49
Marquez Kembali Balapan, Rossi Langsung Waspada
Olahraga

Marquez Kembali Balapan, Ros..

19 April 2021 10:53
Rasis, UEFA Larang Bek Slavia Praha Tanding 10 Laga
Olahraga

Rasis, UEFA Larang Bek Slavi..

15 April 2021 19:58
Politisi Top Jepang: Bukan Tidak Mungkin Olimpiade Tokyo Dibatalkan
Olahraga

Politisi Top Jepang: Bukan T..

15 April 2021 17:59
Jelang Balapan FIM Moto3 Di Portugal, Pembalap Indonesia Berharap Bisa Cetak Sejarah
Olahraga

Jelang Balapan FIM Moto3 Di ..

15 April 2021 14:28
Oktober, Pembangunan Jakarta International Stadium Dijadwalkan Rampung
Olahraga

Oktober, Pembangunan Jakarta..

15 April 2021 13:58
Sepakat Dengan Menpora, Wagub Papua Juga Minta Masyarakat Di Lokasi PON XX Divaksinasi
Olahraga

Sepakat Dengan Menpora, Wagu..

14 April 2021 10:57