Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penelitian: Satu Unggahan Instagram Cristiano Ronaldo Sedot Daya Setara Dengan Sepuluh Rumah Tangga Di Inggris Selama Setahun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 17 November 2020, 23:44 WIB
Penelitian: Satu Unggahan Instagram Cristiano Ronaldo Sedot Daya Setara Dengan Sepuluh Rumah Tangga Di Inggris Selama Setahun
Popularitas Cristiano Ronaldo di lapangan hijau dan media sosial tidak bisa dipandang sebelah mata/Net
rmol news logo Cristiano Ronaldo merupakan bintang lapangan hijau yang digemari di seluruh dunia. Popularitasnya bahkan membuatnya sebagai salah satu bintang di sosial media Instagram.

Baru-baru ini ada sebuah penelitian menarik terkait dengan dampak lingkungan dari media sosial yang mengungkapkan bahwa satu unggahan Instagram dari Ronaldo kepada 240 juta pengikutnya menghabiskan energi yang setara dengan energi atau daya dari sepuluh rumah tangga di Inggris selama satu tahun.

Hal itu terjadi lantaran pesepakbola asal Portugal itu merupakan sosok yang paling banyak diikuti di platform media sosial.

Dengan banyaknya pengikut itu, Ronaldo dapat mengantongi hingga 1 juta dolar AS untuk satu unggahan media sosial yang disponsori. Namun di sisi lain, unggahan dari bintang Juventus itu juga bisa menimbulkan "biaya" lainnya.

Pasalnya, studi yang dilakukan sebagai bagian dari investigasi oleh program "Dispatches" Channel 4 itu menemukan bahwa satu unggahan gambar di akun media sosial Ronaldo dapat dilihat hingga ratusan juta kali oleh para pengikutnya (followers). Hal tersebut berimbas pada penggunaan jaringan dan konsumsi energi.

Dr. Rabih Bashroush dari University of East London yang terlibat dalam penelitian tersebut menjelaskan bahwa tingkat konsumsi jaringan dan energi itu tergantung pada berbagai parameter seperti ukuran foto, jarak yang ditempuh melalui internet dan di mana foto disimpan.

"Semakin jauh gambar tersebut menyebar, semakin banyak energi yang dikonsumsinya," ujarnya.

"Jadi, contoh terbaik adalah Cristiano Ronaldo, pesepakbola Portugal. Dia memiliki sekitar 240 juta pengikut. Setiap kali Cristiano Ronaldo mengunggah gambar, katakanlah gambar rata-rata, agar gambar itu dikirim ke 240 juta pengikutnya, memakan kira-kira sekitar 36 megawatt jam. Itu setara dengan menambahkan 10 rumah tangga Inggris ke jaringan selama satu tahun," sambung Bashroush seperti dikabarkan Russia Today (Selasa, 17/11).

Pesona Ronaldo di sosial media memang tidak bisa diragukan. Dilaporkan bahwa pada tahun lalu, Ronaldo mendapatkan lebih banyak uang melalui akun Intagram-nya daripada bermain untuk Juventus.

Penghasilannya diperkirakan sekitar 50 juta dolar AS dari unggahan disponsori di Intagram. Jumlah itu jauh lebih tingga dari gajinya di Juventus yakni 34 juta dolar AS.

Jangkauan Ronaldo di Instagram jauh melebihi para rival sepak bolanya. Lionel Messi dikabarkan memperoleh kurang dari setengah dari penghitungan tahunan Ronaldo pada tahun 2019. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA