Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Hari Senin, Grand Master Irene Tanding Catur Lawan Dewa Kipas

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 19 Maret 2021, 01:25 WIB
Hari Senin, Grand Master Irene Tanding Catur Lawan Dewa Kipas
Grand Master (GM) Catur Indonesia, Irene Sukandar/Net
Grand Master (GM) Catur Indonesia, Irene Sukandar akhirnya menerima tantangan tanding catur melawan Dadang Subur alias Dewa Kipas.

Pertandingan yang difasilitasi Youtuber Deddy Corbuzier itu akan ditayangkan secara langsung pada Senin (22/3).

Melalui unggahannya di Instagram, Kamis (18/3), Deddy memastikan kesediaan GM Irene untuk bertanding catur melawan Dewa Kipas.

"Irene akan datang dan bertanding dengan Dewa Kipas. Ini akan terjadi," ujar Deddy seperti dikutip Kantor Berita RMOLJakarta.

Deddy Corbuzier menyebutkan, pihak GM Irene Sukandar yang diwakili oleh managernya itu sebelumnya sempat menolak.

Namun belakangan diketahui bahwa penolakan itu lantaran belum ada izin dari Kemenpora dan Persatuan Catur Indonesia (Percasi) mengingat Irene adalah atlet catur nasional.

"Seribu persen saat ini siap untuk bertanding karena sudah mendapat izin," imbuh Deddy menirukan pernyataan pihak Irene.

Dengan kepastian itu, pertandingan persahabatan antara GM Irene melawan Dewa Kipas akan terwujud pada Senin mendatang. Deddy menyebut telah menyiapkan hadiah total Rp 150 juta untuk keduanya.

Nama Dadang Subur alias Dewa Kipas menjadi perbincangan di dunia maya setelah viral akunnya di Chess.com diblokir dengan tudingan curang karena berhasil mengalahkan GM catur dunia, Levy Rozman alias Gotham Chess.

Dewa Kipas menegaskan, dirinya sama sekali tidak curang atau menggunakan bot saat bermain di platform Chess.com. Ia bahkan mengaku tidak tahu teknologi sehingga tidak mungkin curang.

Setelah viral, Deddy Corbuzier yang memilik Podcast di Youtube pun mengundang Dewa Kipas. Dalam Podcast itu, Dewa Kipas kembali menegaskan bahwa dirinya tidak curang saat mengalahkan Gotham Chess.

Konten Deddy dengan Dewa Kipas itu mengundang reaksi dari pecatur nasional. GM Irene Sukandar bahkan membuat surat terbuka yang ditujukan kepada Deddy.

Dalam surat itu, GM Irene meminta Deddy sebagai figur publi untuk memberitakan informasi yang benar dan menjunjung karakter bangsa yang jujur.

Tak hanya itu, GM Irene juga menyebut pemberitaan tentang Dewa Kipas membuat malu dirinya dan para pecatur profesional di mata dunia pecaturan internasional.

"Jikalau Mas Deddy berkenan, mari kita luruskan hal ini agar tidak berimbas terlalu dalam bagi kami patriot-patriot catur Indonesia," tulis GM Irene mengakhiri surat yang ditembuskan salah satunya kepada Kemenpora itu.

Selang beberapa hari, Deddy pun mengundang GM Irene ke Podcast miliknya. Deddy juga menghadirkan Gotham Chess secara virtual untuk berbincang bersama GM Irene.

Dalam perbincangan di Podcast itu, baik GM Irene dan Gotham Chess meyakini adanya kecurangan yang dilakukan Dewa Kipas. Gotham Chess bahkan mengaku sistem pada Chess.com tidak mungkin salah mendeteksi kecurangan.

ARTIKEL LAINNYA