Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bakal Digelar Sesuai Jadwal, Olimpiade Tokyo Terlarang Bagi Penonton Dari Luar Jepang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 21 Maret 2021, 04:58 WIB
Bakal Digelar Sesuai Jadwal, Olimpiade Tokyo Terlarang Bagi Penonton Dari Luar Jepang
Olympiade Tokyo tak bisa ditonton suporter dari luar Jepang/Net
rmol news logo Perhelatan akbar olahraga dunia Olympiade Tokyo dipastikan tetap digelar meski kondisi pandemi Covid-19 yang melanda dunia belum sepenunya mereka.

Dampaknya, pihak panitia Olympiade Tokyo pun memutuskan perhelatan akbar ini tak bisa disaksikan secara langsung oleh penonton yang berasal dari luar Jepang.

Bahkan, keluarga atlet yang bertanding pun dilarang hadir untuk menonton secara langsung.

Hal ini disampaikan langsung oleh Presiden Olimpiade Tokyo 2020, Seiko Hashimoto, Sabtu (20/3). Larangan ini merupakan kelanjutan dari rapat yang diadakan secara intens sejak awal tahun.

Di mana rapat dihadiri lima elemen penting dalam Olimpiade Tokyo. Seperti IOC (Komite Olimpiade Internasional), IPC (Komite Paralimpik Internasional), Pemerintah Kota Tokyo, OC Olimpiade 2020, dan Pemerintah Jepang.

"Untuk memberikan kejelasan pada pemegang tiket yang tinggal di luar negeri dan membuat mereka bisa mengatur ulang rencana perjalanan mulai saat ini, pihak Jepang sudah mencapai keputusan bahwa mereka (penonton dari luar Jepang) tidak akan bisa masuk ke Jepang pada saat momen Olimpiade dan Paralimpiade," ujar pernyataan resmi Panitia Olimpiade 2020 yang dikutip Redaksi, Minggu (21/3).

Nah, bagi calon penonton yang sudah terlanjur membeli tiket, mereka bisa mengajukan pengembalian uang. Namun mekanisme refund ini masih akan dibahas lebih lanjut dalam waktu dekat ini.

Keputusan soal tidak bisanya fans dari luar Jepang menonton Olympiade Tokyo ini disebut sudah diterima oleh IOC dan IPC.

Dalam keterangan resminya, pihak OC juga menyebut alasan ini. Yaitu potensi varian baru Covid-19 masuk Jepang jika penonton dari luar negeri diizinkan masuk.

Olimpiade Tokyo sejatinya dihelat 24 Juli hingga 9 Agutus 2020. Namun kemudian diputuskan untuk ditunda pada awal Maret tahun lalu karena merebaknya pandemi Covid-19.

Kini Olimpiade Tokyo dipastikan akan digelar pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.

"Meski para penonton tidak bisa hadir, kami berharap Anda terus mendukung Tokyo 2020," tutup Seiko. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA