Farah.ID
Farah.ID

Hanya Berjarak 0,06 Detik Dari Podium Juara, Mario: Saya Kecewa, Tapi Senang Bisa Meraih Poin

LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 26 April 2021, 09:51 WIB
Hanya Berjarak 0,06 Detik Dari Podium Juara, Mario: Saya Kecewa, Tapi Senang Bisa Meraih Poin
Mario Suryo Aji hanya berjarak 0,06 detik saja dari podium saat melakoni balap di Sirkuit Estoril, Portugal/Ist
Hasil fantastis ditorehkan pembalap muda Indonesia, Mario Suryo Aji, saat melakoni putaran pertama FIM Moto3™ Junior World Championship di Estoril, Portugal, Minggu (25/4).

Pembalap Astra Honda Racing Team ini finis di posisi keempat, hanya selisih 0,06 detik saja dari podium. Ini menyamai hasil terbaik yang pernah diraihnya di ajang FIM Moto3™ Junior World Championship 2019.

Mario sendiri memulai balapan dari baris ketiga, sebagai pembalap tercepat ke-8 di sesi kualifikasi. Ia melakukan start dan berkali-kali saling salip dengan pebalap lain.

Dia sempet tergeser hingga posisi ke-9 dan bersaing dalam grup yang terdiri dari lima pebalap untuk memperebutkan posisi ketujuh.

Setelah melalui beberapa lap, Mario mulai bisa bersaing dengan pebalap-pebalap di depan. Dengan empat lap tersisa, dia berhasil bergabung dengan grup terdepan dan melewati beberapa pebalap hingga berada di posisi ketiga pada lap terakhir.

Sayang, Dewi Fortuna belum berpihak kepadanya. Tepat sebelum finis, dia dilewati pebalap lain saat melaju di lintasan lurus. Toh hasil tersebut sudah sangat memuaskan melihat perjuangan Mario sepanjang membalap di Estoril.

"Saya senang dengan hasil yang saya raih, meskipun tadi merupakan balapan yang sulit, dan saya melakukan beberapa kesalahan di awal. Saya mencoba untuk tenang dan raih kecepatan maksimal untuk mengejar para pembalap di depan. Ketika akhirnya berhasil mengejar, saya mencoba untuk melewati mereka, satu demi satu," tutur Mario melalui keterangannya, Senin (26/4).

"Pada lap terakhir, saya berada di posisi ketiga, tetapi sayangnya saya disalip saat lintasan lurus sebelum finis. Saya kecewa, tetapi saya senang karena berhasil meraih poin, dengan dukungan tim yang telah menyiapkan motor yang berfungsi dengan sempurna saat balapan," sambungnya.

Pembalap 17 tahun itu pun bertekad belajar dari kesalahan pada balapan di Estoril untuk berjuang meraih podium di balapan berikutnya.
 
Putaran kedua FIM Moto3 berikutnya akan digelar dua pekan lagi di Circuit Ricardo Tormo, Valencia, yang akan melangsungkan dua balapan.    
 
Berikut 5 besar pembalap tercepat FIM Moto3 di Portugal:

1. Daniel Holgado - Aspar Junior Team (29:53.722)    
2. David Salvador - TM Racing Factory Team (+0.195)    
3. David Alonso    - Aspar Junior Team (+1.014)    
4. Mario Suryo Aji - Astra Honda Racing Team (+1.074)    
5. David Munoz Rodríguez - Avatel Cardoso Racing (+1.426).
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA