Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Wujudkan Kesejahteraan Psikologis Pelaku Olahraga Selama Pandemi, IPO Gelar Temu Ilmiah Nasional

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 25 Mei 2021, 14:19 WIB
Wujudkan Kesejahteraan Psikologis Pelaku Olahraga Selama Pandemi, IPO Gelar Temu Ilmiah Nasional
Elektronik poster untuk Temu Ilmiah Nasional IPO 2021/Ist
Gelaran olahraga nasional dan internasional telah banyak dibatalkan dan ditunda akibat dari pandemi Covid-19, menyebabkan kerugian materil dan imateril yang tidak terhitung.

Kerugian bukan hanya dirasakan oleh pihak penyelenggara, namun juga atlet, pelatih, manajemen, hingga pelaku industri olahraga.

Bagi pelaku olahraga, prestasi merupakan impian. Banyaknya gelaran olahraga yang terkena imbas dari pandemi juga memengaruhi pencapaian para pelaku olahraga, sehingga berdampak bagi kesejahteraan psikologisnya.

Untuk membahas isu tersebut, Ikatan Psikologi Olahraga (IPO) menginisiasi kegiatan Temu Ilmiah Nasional dengan tema "Membangun Kesejahteraan Psikologis dan Menciptakan Kondisi Mental Kondusif Pelaku Olahrga untuk Prestasi Indonesia".

Dalam keterangan tertulis dari Ketua IPO Dra. Pusparani Hasjim M.Psy. yang diterima redaksi pada Selasa (25/5), kegiatan akan terdiri dari seminar nasional dan simposium, paper presentation, serta workshop.

Nantinya, para ahli akan hadir untuk memberikan diskusi kritis hingga pelatihan keterampilan yang diharapkan dapat mendukung keberhasilan pelaku olahraga dalam mengupayakan prestasi tertinggi untuk Indonesia, serta mewujudkan terciptanya kondisi kesejahteraan psiokologis.

Workshop akan digelar pada 29 Mei, 30 Mei, dan 6 Juni. Seminar nasional dan simposium akan dilakukan pada 5 Juni. Sedangkan pemaparan paper presentation pada 6 Juni.

Penyelenggaraan paper presentation sudah berlangsung sejak 15 April, diikuti oleh pelatih, atlet, pengurus cabang olahraga, peminat psikologi dalam olahraga, ilmuwan psikologi dalam olahraga, dan guru penjaskes.

Seluruh kegiatan dapat diikuti dengan pendaftaran melalui http://bit.ly/Temilnas_IPO2021.

ARTIKEL LAINNYA