Farah.ID
Farah.ID

Curhatan Quartararo Usai Dihukum Karena Drama Baju Balap

LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 07 Juni 2021, 10:04 WIB
Curhatan Quartararo Usai Dihukum Karena Drama Baju Balap
Insiden terbukanya baju balap Fabio Quartararo saat membalap di Sirkuit Catalunya, Minggu (6/6)/Net
GP Spanyol di Sirkuit Catalunya pada Minggu malam (6/6) WIB menyisakan cerita buruk bagi Fabio Quartararo. Bukan karena ia gagal meraih juara di sirkuit tersebut, tapi karena insiden drama baju balap yang terbuka yang membuat dirinya harus menerima hukuman.

Pembalap tim Monster Energy Yamaha itu mendapat hukuman karena wearpack alias baju balapnya terbuka saat beradu cepat di atas aspal sirkuit.

Akibatnya, Quartararo yang sebenarnya finis ketiga tak bisa naik podium. Ia mendapat dua kali hukuman dalam seri balapan kali ini.

Pertama karena melewati track limit dan dihukum 3 detik. Membuat posisi pembalap asal Prancis ini melorot ke peringkat 4. Kedua, insiden baju balap yang terbuka membuat ia kembali mendapat hukuman 3 detik.

Total, Quartararo mendapat hukuman 6 detik dari 2 kesalahan tersebut. Membuat ia harus pasrah berada di peringkat 6 di seri GP Spanyol.

Quartararo pun langsung curhat atas hukuman yang diterimanya melalui Story Instagram pribadinya, Minggu malam (6/6).

"Selamat kepada semua orang yang sudah mengajukan komplain untuk (saya mendapatkan) penalti lain. Saya benar-benar tidak membahayakan pembalap lain seperti yang mereka katakan dan kejadian ini membuat saya berkendara dengan kondisi yang sangat sulit," tulisnya di akun Instagram @fabioquartararo2 (6/6).

Tak hanya itu, Quartararo juga menyindir orang-orang yang mengajukan komplain atas insidennya tersebut.

"Tapi dapat melihat wajah asli orang-orang (yang mengajukan komplain) adalah hal yang hebat. Sekali lagi, saya mau berterima kasih kepada semuanya yang tetap mendukung saya dan membantu saya walaupun dalam kondisi sulit seperti ini," sambungnya.

"Sampai jumpa di lain kesempatan," pungkas pembalap bernomor 20 ini.

Quartararo mendapat hukuman dari otoritas balapan MotoGP menjelang tengah malam WIB, Minggu (6/6). Dalam keterangan FIM World Championship Grand Prix, Quartararo tertangkap kamera berkendara dengan ritsleting baju balap tak terpasang dengan benar dan tanpa pelindung dada yang diperlukan.

"Ini merupakan pelanggaran Pasal 2.4.5.2 aturan FIM World Championship Grand Prix. Karena alasan-alasan tersebut, panel pengawas FIM MotoGP menjatuhkan penalti tiga detik dalam hasil balapan di MotoGP Catalunya," jelas pernyataan tersebut.

Sialnya, sebelumnya Quartararo sudah mendapat penalti 3 detik karena pelanggaran track limit. Dua hukuman tersebut membuat Quartararo harus menerima tambahan waktu 6 detik. Quartararo bisa mengajukan banding atas hukuman ini.

Quartararo pun hanya mendapat tambahan 10 poin saja. Namun, ia masih memuncaki klasemen MotoGP dengan totel 115 poin. Masih unggul 14 poin dari Johann Zarco di peringkat kedua terpangkas.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA