Farah.ID
Farah.ID

Covid-19 Masih Mengancam, Brasil Tak Sanggup Jadi Tuan Rumah Copa America

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 07 Juni 2021, 11:10 WIB
Covid-19 Masih Mengancam, Brasil Tak Sanggup Jadi Tuan Rumah Copa America
Ilustrasi/Net
Senat Brasil menyerukan pemerintah untuk menunda gelaran turnamen sepakbola Copa America karena situasi pandemi Covid-19.

Pada akhir April, Komisi Senat meluncurkan penyelidikan terkait penanganan pandemi Covid-19 oleh pemerintahan Presiden Jair Bolsonaro.

Lewat sebuah surat kepada tim sepakbola nasional pada Minggu (6/6), komisi tersebut mengatakan tingkat vaksinasi di Brasil masih rendah, sementara risiko penyebaran virus masih tinggi.

Menurut mereka, hanya 10,77 persen dari populasi yang sudah menerima dosis pertama vaksin Covid-19 hingga 4 Juni.

"Brasil tidak menawarkan keamanan sanitasi untuk mengadakan turnamen internasional sebesar ini. Selain mentransmisikan rasa aman dan normalitas yang salah, berlawanan dengan kenyataan bahwa orang Brasil hidup, itu akan mendorong aglomerasi orang dan memberikan contoh yang buruk," ujar mereka dalam surat tersebut.

“Kami tidak melawan Copa America di Brasil atau di mana pun. Tapi kami yakin turnamen bisa menunggu sampai negara siap menjadi tuan rumah," tambah mereka, seperti dimuat Al Jazeera.

Brasil secara tak terduga terpilih sebagai tuan rumah Copa America oleh Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) pada pekan lalu. Itu dilakukan setelah Kolombia dan dan Argentina mundur sebagai tuan rumah karena alasan situasi krisis di dalam negeri dan pandemi Covid-19.

Pada Rabu (2/6), pelatih Argentina Lionel Scaloni mengatakan, Brasil bukanlah tempat terbaik. Sementara pelatih Chili dari Uruguay, Martin Lasarte menggambarkan keputusan untuk memainkan turnamen di Brasil sebagai risiko yang sangat besar.

Forum Liga Dunia (WLF), yang mewakili lebih dari 40 liga profesional mengirim surat terbuka kepada FIFA dan CONMEBOL pada Sabtu (5/6). Mereka mengatakan para pemain Amerika Selatan harus diizinkan untuk tidak bermain dalam turnamen.

Copa America dijadwalkan untuk digelar dari 13 Juni hingga 10 Juli tahun ini.

ARTIKEL LAINNYA