Farah.ID
Farah.ID

Vietnam Tunda SEA Games 2021 Ke Tahun Depan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 08 Juli 2021, 17:03 WIB
Vietnam Tunda SEA Games 2021 Ke Tahun Depan
Logo SEA Games 2021/Net
Vietnam telah menunda penyelenggaraan Southeast Asian Games (SEA Games) yang seharusnya dijadwalkan pada 21 November hingga 2 Desember di Hanoi dan 11 lokasi lainnya.

Penundaan itu telah dikonfirmasi oleh komite olimpiade sejumlah negara di Asia Tenggara.

"Komite kerja Federasi SEA Games telah bertemu hari ini dan diputuskan bahwa SEA Games tidak akan diadakan tahun ini," ujar Dewan Olimpiade Nasional Singapura (SNOC) pada Kamis (8/7), seperti dikutip Channel News Asia.

SNOC mengatakan, Komite Olimpiade Nasional Vietnam akan mengeksplorasi tanggal baru untuk dipertimbangkan.

"SNOC akan menyesuaikan kebijakan seleksi sesuai dengan tanggal baru setelah rincian dikonfirmasi," jelas SNOC, mengacu pada pemilihan atlet Singapura untuk Olimpiade.

Wakil Sekretaris Komite Olimpiade Thailand Varin Tansuphasiri mengatakan SEA Games yang digelar dua tahun sekali itu sudah dipastikan tidak akan diselenggarakan untuk tahun ini.

"Vietnam ingin menunda Olimpiade hingga tahun depan 2022," kata Tansuphasiri.

Tansuphasiri menyebut, penundaan dilakukan karena pandemi  Covid-19, dengan Vietnam mengusulkan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade pada April atau Mei tahun depan.

Dewan Olimpiade Malaysia juga merilis pernyataan yang mengkonfirmasi penundaan tersebut. Dikatakan bahwa Federasi SEA Games bertemu dan setuju untuk menunda Olimpiade ke 2022.

Bulan lalu, delapan dari 11 negara anggota Federasi SEA Games telah menolak proposal Vietnam untuk menunda gelaran pesta olahraga karena khawatiran dengan menumpuknya jadwal kegiatan olahraga tahun depan.

Sehari sebelumnya, Rabu (7/7), Vietnam mengumumkan lockdown untuk Ho Chi Minh City selama dua pekan yang dimulai pada Jumat (9/7).

ARTIKEL LAINNYA