Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

PON Papua Dipastikan Tetap Sesuai Jadwal, Sofbol Jadi Cabor Pembuka

LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 13 Agustus 2021, 06:04 WIB
PON Papua Dipastikan Tetap Sesuai Jadwal, Sofbol Jadi Cabor Pembuka
Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman bersama Menpora Zainudin Amali saat memberikan keterangan pers/Ist
Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dipastikan akan tetap berlangsung sesuai jadwal pada 2-15 Oktober 2021. Tidak ada lagi penundaan seperti yang terjadi tahun lalu.

Sofbol menjadi cabang olahraga pertama yang akan dipertandingan dalam gelaran PON XX ini. Rencananya, pertandingan sofbol PON akan dimulai 22 September 2021.

“Saat ini 41 hari menuju pertandingan pertama PON 2021, cabang olahraga sofbol itu sudah akan mulai bertanding pada 22 September yang akan datang,” kata Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman, dalam keterangan pers secara virtual, Kamis (12/8).

Marciano menambahkan, seluruh tim kontingen sudah mendaftarkan atlet dan ofisialnya. Total, ada 6.496 atlet dan sekitar 3.300 ofisial yang bakal hadir di Papua.

Proses keabsahan atlet, disebutnya juga sedang berjalan. Disusul oleh rangkaian delegate registration meeting dan Chef de Mission (CdM) meeting yang ketiga.

“Proses berjalan sampai saat ini entry by name sudah selesai tanggal 1 Agustus. Seluruh kontingen provinsi sudah mendaftarkan atlet dan ofisialnya. Rangkaian delegate registration meeting dan CdM meeting yang ketiga akan dilaksanakan di Jayapura nanti,” ujarnya.

Ditegaskan Marciano, pelaksanaan PON XX tetap sesuai rencana semula yaitu pada 2-15 Oktober 2021.

Sejauh ini komunikasi antara KONI Pusat dengan Panitia Besar PON pun makin baik. Sehinga, ia berharap pesta olahraga nasional di tanah air tersebut bisa berjalan dengan lancar, sukses, dan aman.

“Personel keamanan disiapkan di empat titik wilayah penyelenggaraan PON. Saya sudah koordinasi dengan gubernur, Panglima Kodam, dan Kapolda untuk masalah keamanan. Secara umum Papua dalam kondisi yang terkendali. Papua dalam kondisi yang siap untuk melaksanakan PON. Masyarakat Papua ingin jadi tuan rumah yang baik,” tandas Marciano.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA