Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kecewa Batal Ikuti Kejuaraan Dunia 2021, Atlet-atlet Pelatnas Bulutangkis Tetap Legowo

LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 09 Desember 2021, 16:31 WIB
Kecewa Batal Ikuti Kejuaraan Dunia 2021, Atlet-atlet Pelatnas Bulutangkis Tetap Legowo
Anthony Sinisuka Ginting/Net
Putusan PBSI menarik mundur tim bulutangkis Indonesia dari Kejuaraan Dunia 2021 di Spanyol memang mengecewakan. Tak hanya bagi para pecinta olahraga ini, tapi juga dirasakan para atlet yang seharusnya berangkat.

Namun demikian, mereka menyadari bahwa pengunduran diri ini bertujuan demi kebaikan dan keselamatan seluruh atlet. Sebab, saat ini ancaman terjangkit varian baru Covid-19, Omicron, sangat besar jika bepergian ke luar negeri.

Atlet ganda putra senior, Hendra Setiawan, mengaku dirinya punya keinginan kuat untuk menambah gelar juara dunia keempat kalinya. Setelah menjuarai edisi 2013, 2015, dan 2019.

Namun, hal itu terpaksa diurungkan.

"Kalau saya sendiri sih sayang, ya, tetapi melihat kondisi memang keputusan yang diambil sudah melalui pertimbangan yang matang. Ditambah kemarin Ahsan sempat cedera ankle. Belum tahu seberapa parah dan butuh berapa lama pemulihannya," tutur Hendra melalui keterangan resmi PBSI, Kamis (9/12).

Hal senada disampaikan atlet tunggal putra, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Jonatan yang sebenarnya sedang menjalani masa latihan serius, tak menyesali keputusan induk organisasi bulutangkis Indonesia itu dan menilai pembatalan tersebut merupakan hal yang tepat.

Sebab, kasus peningkatan infeksi virus Covid-19 di Eropa adalah hal nonteknis yang harus dipertimbangkan demi keselamatan para peserta.

"Dari diskusi dengan pemain lain dan pelatih, kami juga khawatir risiko seperti yang terjadi di All England kemarin bisa terjadi lagi. Beruntungnya, kami punya waktu untuk istirahat setelah dihajar rentetan turnamen kemarin," ucap Ginting.

Sementara itu, pebulutangkis spesialis ganda campuran, Melati Daeva Oktavianti, juga menilai kesehatan merupakan prioritas yang tidak bisa ditawar.

Secara pribadi, dia lebih memilih untuk menarik diri karena khawatir terpapar Covid-19 yang kini tengah kembali merebak di benua Eropa.

"Melihat situasi terkini, keputusan ini mungkin memang yang terbaik. Semuanya untuk menghindari risiko terpapar. Kesehatan tim paling utama," kata Melati.

Tim Indonesia dipastikan tak akan mengikuti BWF World Championship 2021 atau Kejuaraan Dunia 2021 yang akan berlangsung di Huelva, Spanyol, pada 12-19 Desember 2021.

Pihak PBSI sangat mencemaskan keselamatan para atlet bulutangkis Indonesia, menyusul maraknya varian baru virus Covid-19 Omicron di dunia jika tetap memaksakan ikut di kejuaran dunia tersebut.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA