Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dibangun Awal Februari, Jakpro Jamin Sirkuit Formula E di Ancol Rampung dalam 3 Bulan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 12 Januari 2022, 15:32 WIB
Dibangun Awal Februari, Jakpro Jamin Sirkuit Formula E di Ancol Rampung dalam 3 Bulan
Rancangan Sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta/Repro
rmol news logo Proses pembangunan sirkuit Formula E yang berlokasi di Ancol, Jakarta Utara, akan dimulai pada Februari 2022. Pendaftaran peserta tender pembangunan lintasan Formula E juga telah dilangsungkan.

Tender proyek pengaspalan sirkuit Formula E tertera dalam laman http://eproc.jakarta-propertindo.com/. Harga perkiraan sendiri (HPS) proyek ini senilai lebih dari Rp 50 miliar. Tepatnya, Rp 50.157.633.916.

"Jadi, setelah diumumkan (tender) kami mulai jalan Februari awal," kata Direktur Pengelolaan AsetJakarta Propertindo (Jakpro), Gunung Kartiko, di Balai Kota Jakarta, Rabu (12/1).

Ditambahkannya, tender masih dalam proses dan akan diumumkan pemenangnya sebelum pembangunan lintasan Formula E.

Gunung optimistis pembangunan lintasan balap Formula E itu rampung sebelum balapan dimulai pada 4 Juni 2022 atau ditargetkan selesai selama tiga bulan.

"Tiga bulan selesai," tegas Gunung Kartiko.

Setelah pembangunan lintasan rampung, federasi otomotif dunia  (FIA) yang membawahi ajang Formula E akan melakukan pengecekan untuk memeriksa kelayakan sebelum mendapatkan sertifikasi.

Menariknya, bentuk sirkuit ini didesain mirip kuda lumping dengan panjang lintasan sejauh 2,4 km.

Adapun arah lintasan sirkuit ini searah jarum jam dengan memiliki panjang trek lurus 600 meter. Selanjutnya sirkuit ini akan memiliki 18 tikungan dengan lebar sirkuit 16 meter.

Adapun anggaran pembangunan yang dibutuhkan sekitar Rp 150 miliar meliputi pembangunan sirkuit sebesar Rp 100 miliar dan untuk sarana pendukung lainnya mencapai Rp 50 miliar.

Namun demikian, pembangunan sirkuit Formula E ini dipastikan tidak menggunakan biaya yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA