Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Juarai Proliga 2022, Bandung bjb Tandamata Diguyur Kadeudeuh Rp 250 Juta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 28 Maret 2022, 12:54 WIB
Juarai Proliga 2022, Bandung bjb Tandamata Diguyur <i>Kadeudeuh</i> Rp 250 Juta
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat memberikan kadeudeuh secara simbolis ke Tim Bandung bjb Tandamata di Gedung Pakuan, Kota Bandung/Ist
rmol news logo Kesuksesan tim voli putri Bandung bjb Tandamata menjuarai Proliga 20222 berbuah guyuran bonus. Uang kadeudeuh atau uang pembinaan ini datang dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Uang kadeudeuh sebesar Rp 250 juta itu diberikan langsung oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, kepada Tim Bandung bjb Tandamata di Gedung Pakuan Kota Bandung, Senin (28/3).

"Selamat kepada para pemain dan ofisial atas kemenangan meraih juara PLN Mobile Proliga 2022," kata Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Raihan kali ini merupakan gelar ketiga kalinya yang diraih Tim Putri Bandung bjb Tandamata sepanjang mengarungi kompetisi bola voli profesional se-Indonesia. Juara pertama dicapai pada 2003, lalu 2006, dan 16 tahun kemudian, yakni 2022 ini kembali merebut juara.

Berkat raihan titel juara tahun ini, Tim Putri Bandung bjb Tandamata dapat mengarungi kompetisi di level internasional pada September 2022 mendatang.

Ridwan Kamil pun optimistis, tim besutan pelatih Alim Suseno itu kembali mampu menorehkan prestasi dengan kekompakan seluruh tim.

"Semoga di regional competition juga lancar dan tidak ada yang tidak mungkin dengan kekompakan," ucap Emil.

Dirinya meminta Tim Bandung bjb Tandamata agar lebih meningkatkan performa dengan memanfaatkan teknologi olahraga yang ada di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Apalagi, Pemerintah Pusat belum lama ini menetapkan Jabar sebagai Provinsi Sport Science dan Pusat Pembinaan Altlet.

"Gunakan teknologi untuk meningkatkan performa karena Jabar sudah diputuskan oleh pusat sebagai provinsi untuk sport science dan pusat pembinaan atlet," lanjutnya.

Sehingga, kualitas atlet tidak hanya berbasis bakat dan pelatihan. Namun dapat dikombinasikan dengan teknologi terutama teknik dalam olahraga bola voli.

"Jadi kita kombinasikan. Segera ke UPI, ada sport science untuk voli, baik terkait teknik oksigen, gizi atau apapun," ujar mantan Walikota Bandung itu.

Tak hanya itu, Kang Emil menyebut prestasi yang diraih Tim Putri Bandung bjb Tandamata diharapkan dapat menginspirasi perempuan Indonesia, khususnya di Jabar, untuk terjun dan memopulerkan olahraga bola voli.

Sebab, imbuh Kang Emil, bola voli masih identik dengan olahraga mayoritas perempuan yang sering digelar di perkampungan. Oleh karena itu, Bank bjb selaku pemilik klub Bandung bjb Tandamata diminta untuk terus menyelenggarakan kompetisi voli antarkampung (tarkam) di berbagai daerah di Jabar untuk mencari talenta dan bibit atlet.

"Supaya terus berkembang kita bersama Bank bjb menyelenggarakan Piala Tarkam. Kalau di kampung olahraga favorit perempuan itu kan voli, kita budayakan tak hanya di level nasional, tapi amatir juga dengan menggunakan sport science," imbuhnya.

"Semakin banyak kompetisi, maka eksperimen-eksperimen olahraga menemukan tempat laboratorium atau lapang tandingnya. Jadi percuma kalau ada induk olahraga, tapi jarang membuat kompetisi," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA