Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Maklumi Hanya Raih 3 Besar Sea Games Vietnam, Menpora: Jumlah Atlet Berangkat Sedikit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 23 Mei 2022, 18:48 WIB
Maklumi Hanya Raih 3 Besar Sea Games Vietnam, Menpora: Jumlah Atlet Berangkat Sedikit
Menpora Zainudin Amali bersama peraih medali emas Sea Games Vietnam dari atlet ganda putri bulutangkis/Ist
rmol news logo Total kemenangan dari sejumlah cabang olahraga berhasil membawa kontingen Indonesia duduk di peringkat tiga besar pada Sea Games 2021 Vietnam.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, Indonesia bertengger di peringkat tiga dengan total perolehan 242 medali, yang terdiri dari 69 emas, 92 perak, dan 81 perunggu.

Untuk peringkat pertama diperoleh tuan rumah Vietnam dengan raihan 439 medali yang terdiri dari 206 emas, 123 perak, dan 111 perunggu. Sementara peringkat kedua dipegang oleh Thailand dengan 326 medali, terdiri dari 92 emas, 101 perak, 134 perunggu

Zainudin menjelaskan, capaian Indonesia pada Sea Games 2021 Vietnam tersebut termasuk yang terbaik. Ia mengaku tidak kecewa, karena apa yang didapat sesuai dengan apa yang diusahakan kontingen Indonesia.

Karena jika dibandingkan dengan Sea Games Filipina sebelumnya, dari sisi jumlah keberangkatan atlet sudah berbeda, di mana saat itu sekitar 800 lebih atlet diberangkatkan.

"Sea Games 2021 Vietnam kali ini, hampir separuh lebih sedikit atlet yang berangkat, tapi alhamdulillah medali yang kita raih sudah memenuhi harapan dan kita berhasil masuk tiga besar," ujar Zainudi dalam keterangan tertulisnya pada Senin (23/5).

Lebih lanjut Zainudin menyampaikan, ke depan pemerintah akan menggunakan cara dan sistem yang sama dalam keberangkatan atlet pada ajang olahraga antarnegara, bahkan akan lebih ketat lagi. Tahun 2023 sendiri akan ada Asian Games dan SEA Games Kamboja.

"Hasil ini menurut saya belum berhasil, karena tantangan kita ke depan jauh lebih berat. Target utama kita adalah Olimpiade, untuk menuju ke sana kita harus mulai dari sekarang perubahan paradigma olahraga Indonesia," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA