Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Atlet Panjat Tebing Indonesia Sukses Pecahkan Rekor di FSC World Cup 2022

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 09 Juli 2022, 11:59 WIB
Atlet Panjat Tebing Indonesia Sukses Pecahkan Rekor di FSC World Cup 2022
Atlet panjat tebing Kiromal Katibin bersalaman dengan Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid/Ist
Atlet nasional panjat tebing Indonesia menorehkan prestasi di ajang International Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup 2022.

Adalah Kiromal Katibin, atlet dari Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) ini menjadi atlet panjat tebing tercepat dunia di ajang IFSC World Cup 2022 di Chamonix, Prancis, Jumat waktu setempat (8/7).

Rekor dunia tersebut Kiromal pecahkan saat menghadapi pesaingnya di babak kualifikasi, dengan catatan waktu 5,009 detik atau pembulatan di 5,00 detik.

"Alhamdulillah. Kami delegasi Indonesia merasa sangat bangga dengan raihan ini. Semoga prestasi ini dapat dipertahankan hingga olimpiade nanti," kata Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid yang hadir langsung di Prancis.

Rekor ini cukup membanggakan lantaran diraih atlet Indonesia dengan tinggi dinding yang dipanjat mencapai 15 meter.

Kiromal Katibin juga memastikan satu tempat di babak final yang terdiri dari 16 atlet untuk memperebutkan medali. Pada ajang ini, Indonesia menerjunkan 11 atlet di kategori speed, mereka terdiri dari 6 atlet speed putra dan 5 speed putri.

Di sisi lain, Kiromal mengaku raihan tersebut tidak didapatnya dengan mudah. Rekor tersebut ia dapat setelah berlatih panjang dan berkat doa dari masyarakat Indonesia.

"Terima kasih atas semua doa dari masyarakat, semoga dengan ini panjat tebing Indonesia semakin jaya," kata Kiromal.

Rekor ini makin menambah catatan apik Kiromal di ajang dunia. Sebelumnya, ia juga memecahkan rekor di tiga seri IFSC World Cup 2022, yaitu seri IFSC Seoul, Korea Selatan, lalu Salt Lake City, Amerika Serikat dan di Villars, Swiss.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA