Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Airlangga Dukung Industri Olahraga Kian Mendunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 21 September 2022, 09:19 WIB
Menko Airlangga Dukung Industri Olahraga Kian Mendunia
Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia, Airlangga Hartarto menghadiri Kejurnas Wushu 2022 di Graha Universitas Negeri Surabaya/Net
rmol news logo Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu 2022 digelar di Graha Universitas Negeri Surabaya sebagai ajang uji prestasi bagi para atlet wushu junior.

“Kejurnas ini menjadi persiapan menuju kejuaraan dunia junior wushu yang akan diselenggarakan di bulan Desember di Bumi Serpong Damai Tangerang dan itu akan diikuti oleh 70 negara,” kata Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia, Airlangga Hartarto dalam keterangannya, Rabu (21/9).

Ajang Kejurnas Wushu 2022 yang memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia tersebut berlangsung dari tanggal 18 hingga 21 September 2022 dan diikuti oleh 450 atlet dari 20 provinsi dengan mempertandingkan nomor Taolu, Sanda, dan Kungfu.

Selain Piala Presiden, Kejuaraan ini juga memperebutkan Piala Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia dan Piala Menpora. Airlangga berharap, event Kejurnas Wushu tersebut ini dapat menjadi tempat mengasah latihan.

"Saya minta seluruhnya untuk jaga sportivitas, jaga kesehatan, jaga protokol kesehatan. Siapapun yang akan jadi juara umum, jangan terlena dan terus berprestasi dan yang paling penting adalah konsistensi,” kata Airlangga.

Airlangga yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menegaskan bahwa pemerintah terus mendukung sektor olahraga agar menjadi bagian penting dalam sistem pembangunan nasional.

Hal tersebut seiring arahan Presiden Joko Widodo yang menyebut olahraga merupakan industri yang cakupannya sangat luas. Tidak hanya terkait industri events namun juga industri apparel atau clothing line, perlengkapan olahraga, hingga broadcasting dan commercial.

Dalam menentukan arah kebijakan pembinaan keolahragaan nasional dalam jangka panjang secara terintegrasi dan kolaboratif untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam bidang keolahragaan, pemerintah telah menetapkan 12 cabang olahraga unggulan ke dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) melalui Perpres 86/2021, salah satunya wushu. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA