Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kemenangan di Jakarta Marathon 2022, Modal Odekta Naibaho Tatap Gelaran SEA Games Kamboja

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 16 Oktober 2022, 20:35 WIB
Kemenangan di Jakarta Marathon 2022, Modal Odekta Naibaho Tatap Gelaran SEA Games Kamboja
Peraih medali emas pada pertandingan Sea Games Vietnam cabang olahraga lari maraton, Odekta Elvina Naibaho/Ist
Peraih medali emas pada pertandingan Sea Games Vietnam cabang olahraga lari maraton, Odekta Elvina Naibaho kembali menorehkn catatan cemerlang dalma Jakarta Marathon 2022 pada Minggu (16/10). Dalam perlombaan tersebut, Odekta menyabet juara pertama dalam kategori half marathon (21 kilometer).

Memulai perlombaan pada pukul 06.00 WIB di depan area Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Odekta menjadi yang tercepat untuk menyentuh garis finish pada waktu 07.17 WIB.

Odekta yang merupakan anggota D2 Badan Intelijen Negara (BIN) ini, mengaku sangat menikmati maraton yang digelar oleh Pemprov melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta tersebut. Dia mempersembahkan kemenangannya untuk BIN, sebagai lembaga yang telah membinanya untuk bisa berprestasi.

"Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, prestasi ini saya persembahkan untuk pelatih dan keluarga, lalu kepada Kepala BIN, Profesor Doktor Budi Gunawan yang telah membina kita. Kami persembahkan medali ini untuk bapak," ujar Odekta.

Odekta juga mengapresiasi diadakannya kembali Jakarta Marathon setelah dua tahun lamanya vakum imbas merebaknya Pandemi Covid-19. Menurutnya, Jakarta Marathon sangat cocok dijadikan wadah bagi masyarakat yang ingin menyalurkan minat dan ketertarikannya pada olahraga maraton.

Dia juga mengaku tidak pernah melewatkan setiap Jakarta Marathon diadakan. Keikutsertaannya pada Jakarta Marathon ke-9 ini, dijadikannya modal latihan untuk sejumlah agenda pentas olahraga yang akan diikutinya. Salah satunya yakni SEA Games di Kamboja pada 2023 mendatang.

"Untuk jangka pendek saya akan berlomba dan mempersiapkan diri di Sea Games tahun depan di Kamboja, di bulan Mei. Lalu jangka panjangnya saya menargetkan diri masuk di tim Asian Games. Mudah-mudahan target itu bisa tercapai. Ini menjadi try out saya," ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pembina Odekta di BIN, Arifin Abdullah mengatakan, dirinya sangat bangga dengan raihan Odekta yang menjadi juara pertama dalam Jakarta Marathon 2022. Menurutnya, hasil tersebut menunjukkan hasil kerja keras dari latihan Odekta yang merupakan pelari nasional.

Arifin juga berharap Odekta bisa terus meningkatkan kemampuannya, untuk mempermudah dirinya mencapai target mendapat emas pada SEA Games di Kamboja pada 2023 mendatang.

"Saya sebagai salah satu pembinanya di BIN, memberikannya program untuk memantau perkembangannya. Kita jalin komunikasi yang baik dengan pelatih pribadinya, kita selalu komunikasi bagaimana kondisinya (Odekta). Kita targetnya dia bisa meraih medali emas pada SEA Games Kamboja," pungkasnya.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA