Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Borobudur Marathon 2022 Diharapkan Lahirkan Atlet Muda Berbakat dan Bangkitkan Ekonomi Daerah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 12 November 2022, 14:20 WIB
Borobudur Marathon 2022 Diharapkan Lahirkan Atlet Muda Berbakat dan Bangkitkan Ekonomi Daerah
Pemenang Borobudur Marathon 2022 hari pertama/Ist
rmol news logo Borobudur Marathon 2022 resmi dimulai. Pada hari pertama, oara pelari kategori Elite Race Men and women dan juga kategori Young Talent dilepas langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Sabtu pagi (12/11).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kepada peserta lomba, Ganjar memberikan semangat dan motivasi. Dia juga menjanjikan hadiah bonus bagi peserta yang berhasil naik podium dan memecahkan rekor Borobudur Marathon.

"Saya berharap ada pemecahan rekor. Bonus pasti kami berikan kalau ada yang berhasil," kata Ganjar.

"Jadi pemecahan rekor untuk laki-laki dan perempuan dan khusus sebagai penyemangat untuk para pelajar yang naik podium kita berikan bonus tabungan dari Bank Jateng," imbuhnya.

Adapun untuk kategori Elite Race atau full marathon, pelari sebanyak 35 atlet nasional akan menempuh rute berjarak 42.195 km. Sementara kategori Young Talent, pesertanya sebanyak 29 orang yang terdiri dari pelajar berusia 15-18 tahun dilombakan di nomor 10k.

Dijelaskan Ganjar, ajang Borobudur Marathon 2022 juga menjadi kesempatan peserta kategori Young Talent yang merupakan atlet binaan angkatan pertama dari Bank Jateng, untuk menjadi pelari profesional.

"Kita harapkan Borobudur Marathon akan melahirkan atlet-atlet baru yang masih muda, penuh semangat dan menginspirasi. Mereka punya motivasi kuat untuk jadi atlet hebat," ungkap Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menyampaikan, ajang Borobudur Marathon juga merupakan kesempatan emas untuk membangkitkan geliat ekonomi Jawa Tengah, khususnya di Magelang. Apalagi setelah dua tahun kemarin diterpa pandemi Covid-19.

Indikator kebangkitan ekonomi terlihat dari penuhnya penginapan seperti hotel, homestay hingga balai ekonomi desa (balkondes) di Magelang dan sekitarnya. Bahkan, kata dia, rumah-rumah warga juga turut disewakan lantaran penginapan telah diisi para wisatawan, bahkan dari jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan Borobudur Marathon.

"Ekonomi mulai menggeliat karena besok cukup banyak ya, 5 ribu orang, itu pun kita batasi. Kalau tidak dibatas bisa membludak itu. Kalau kita lihat kiri kanan dari sini mungkin bisa cek homestay penuh atau tidak. Ini indikator, sehingga rumah-rumah penduduk pun ikut disewakan," pungkasnya.

Adapun di hari pertama, untuk pelajar pemenang kategori Young Talent Women disabet oleh Nur Asakiyah, diikuti Azziati Dina Amalina di posisi kedua dan Nagita Kurniasari di urutan ketiga.

Lalu kategori Young Talent Men pelari tercepatnya adalah Iga Saputra, posisi kedua Efriyanto dan posisi ketiga Fadil Aulia Mukti. Para pelajar pemenang ini mendapatkan bonus yang dijanjikan Ganjar yakni tabungan pelajar Bank Jateng senilai Rp 2 juta.

Untuk kategori Elite Race Women Marathon 2022, juaranya adalah Pretty Sihite, diikuti Yulianti Utari dan Trianingsih. Kemudian Elite Race Men, pelari tercepatnya adalah Nursodiq, kemudian Irmansyah di posisi kedua dan Musa di urutan ketiga. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA