Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tak Hanya Kompetisi, Esports Ikut Tumbuhkan Kesetaraan Gender

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 06 Desember 2022, 16:14 WIB
Tak Hanya Kompetisi, Esports Ikut Tumbuhkan Kesetaraan Gender
Esports Sisterhood dalam rangkaian Indonesia Esports Summit 2022 di Bali/Net
Ajang Indonesia Esports Summit 2022 yang berlangsung di Bali diharapkan tidak hanya mencetak atlet profesional, melainkan bisa mendorong penguatan peran perempuan hingga pemulihan ekonomi rakyat.

Anggota Staf Khusus Kantor Kesekjenan Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Debora Imanuella menekankan pentingnya wadah khusus untuk mengakomodasi para perempuan.

Dalam hal ini, esports bisa menjadi salah satu wadah bagi kaum perempuan untuk berkembang.

“Terus berikan dukungan semangat untuk para perempuan agar tidak mudah menyerah membangun keyakinan diri bahwa perempuan punya potensi besar untuk berdaya, berkembang, dan berkontribusi melalui esports,” kata Debora yang juga planner dan eksekutor Esports Sisterhood dalam keterangannya, Selasa (6/12).

Senada dengan Debora, streamer sekaligus pro player asal Indonesia, Sherlintsu berujar, kesempatan yang sama juga harus didapatkan oleh para perempuan.

Di dunia esports, Sherlintsu pun mengaku pemain perempuan sempat dipandang sebelah mata.  

"Sindiran seperti ‘numpang menang’ sering didapat perempuan. Itu membuat perempuan merasa terdiskriminasi. Meski pada kenyataannya, mereka memiliki skill yang setara dengan pro player pria,” kata Sherlintsu.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA