Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

PB ESI Banjir Apresiasi Usai Sukses Kawal IESF Bali 14Th WEC 2022 Hingga Usai

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 11 Desember 2022, 21:44 WIB
PB ESI Banjir Apresiasi Usai Sukses Kawal IESF Bali 14Th WEC 2022 Hingga Usai
Tim esport Indonesia/Ist
Sukses mengawal ajang IESF Bali 14Th WEC 2022 hingga usai, Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI) langsung banjir apresiasi.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali memberikan apresiasi luar biasa atas kinerja Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) dalam penyelenggaraan Indonesia Esports Summit: Bali 14Th World Esports Championships 2022.

Menurutnya, ajang yang dihelat oleh asosiasi pimpinan Jenderal (Purn) Budi Gunawan tersebut sangatlah luar biasa.

“Menurut saya ini ajang yang luar biasa. Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PB ESI yang sudah menyelenggarakan acara ini,” kata Menpora pada Minggu (11/12).

Bagaimana tidak, pasalnya memang event tersebut terbukti bisa terselenggara dengan pengakuan rekor dunia yang dicatat dalam Guinness Book of World Records. Pencatatan rekor dunia itu sebagai sebuah event esports outdoor terbesar dengan peserta terbanyak, yakni sebanyak lebih dari 600 atlet dari sebanyak 105 negara.

Sejauh ini, PB ESI sendiri dengan sukses terus mengawal IESF Bali 14Th WEC 2022 hingga di akhir penutupan pada Minggu (11/12). Bahkan, tidak sedikit dari berbagai pihak memperlihatkan antusiasme mereka dan juga euforianya tatkala menghadiri acara penutupan tersebut.

Hal itu, dikarenakan memang PB ESI di era kepemimpinan Budi Gunawan ini dinilai sangatlah berhasil, mulai dari pembukaan yang terjadi dengan sangat meriah, hingga penutupan pun tidak kalah meriahnya.

Dalam rangka mengangkat konsep sport tourism, kebudayaan khas Nusantara terus diperlihatkan di mata dunia dengan balutan kemegahan acara tersebut. Apresiasi sangat tinggi juga datang dari Presiden International Esports Federation (IESF), Vlad Marinescu bahwa memang ajang yang diselenggarakan oleh PB ESI sangatlah luar biasa. Bahkan semua keluarga esports di dunia juga turut antusias.

"Kejuaraan Dunia Esports ke-14 tahun 2022 yang diselenggarakan di Bali sekarang ini sangat luar biasa. Semua keluarga Esports di dunia sangat antusias datang ke Bali untuk mengikuti acara ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua Harian PB ESI, Bambang Sunarwibowo juga menegaskan bahwa melalui esports, ternyata juga bisa mendorong promosi budaya Tanah Air di kancah dunia.

“Esport mampu menjadi industri olahraga yang mendorong promosi budaya di kancah dunia. Esport bisa membuka jenjang karier yang luas dengan kecerdasan, ketangkasan, dan integritas. Yang luar biasa ada 180 juta gamers di Indonesia. Ini menjadi tantangan besar bagi seluruh pemangku kepentingan,” lanjutnya.

Lebih lanjut, dengan kesuksesan yang telah dipersembahkan oleh PB ESI ini, Bambang Sunarwibowo terus optimis bahwa ekosistem esports Indonesia akan menjadi barometer dunia.

“Penyelenggaraan Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships 2022 menjadi salah satu agenda terpenting PB ESI tahun ini. PB ESI optimis, Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships akan menjadi landasan kuat bagi Indonesia di masa depan sebagai salah satu pusat dan barometer esports dunia,” ujarnya.

Tidak kalah membanggakan, Indonesia juga tampil sebagai juara umum dalam kejuaraan IESF Bali 14Th WEC. Dalam hal ini, Indonesia meraih 3 (tiga) emas dari nomor gim DOTA 2, eFootball, dan MLBB. Indonesia juga berhasil meraih 1 medali perunggu yang dipersembahkan oleh Timnas CS:GO Women.


EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA