Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Indonesia Juara Umum IESF WEC 2022, Ketua Umum PBESI: Eports Lebih dari Sekadar Permainan

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 14 Desember 2022, 13:39 WIB
Indonesia Juara Umum IESF WEC 2022, Ketua Umum PBESI: Eports Lebih dari Sekadar Permainan
Ketua Umum PBESI Budi Gunawan/Net
  Prestasi Indonesia yang keluar sebagai juara umum International Esports Federation (IESF) 14th World Esports Championship (WEC) 2022, menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI).

Kebanggan atas pretasi atlet tanah air, diutarakan Ketua Umum PBESI Budi Gunawan. Kata dia, target juara umum memang sudah dicanangkan sejak jauh-jauh hari.

Sehingga, dengan prestasi sebagai juara umum dan sukses sebagai tuan rumah, sudah membuktikan bahwa eports Indonesia mempunya potensi yang luar biasa.

“Prestasi di IESF 14th WEC Bali 2022 menunjukkan para atlit esports Indonesia telah mampu memanfaatkan ekosistem yang kita bangun dengan penuh kesungguhan, profesionalitas, dan kreativitas," ujar Budi Gunawan kepada wartawan, Rabu (14/12).

"Ini adalah hasil dari keseriusan berlatih dan tekad ingin memberikan prestasi terbaik bagi nama baik bangsa,” imbuhnya.

Usia organisasi yang masih muda, kata Budi Gunawan, tidak menghalangi PBESI mengangkat esports Indonesia ke jenjang tertinggi dunia.

Hal itu, kata dia, sesuai visi dan misi yang memang telah ditetapkan sejak awal pendiriannya pada 18 Januari 2020. Yakni, mengembangkan dan mempromosikan ekosistem esports yang stabil dan dapat membawa Indonesia menjadi pemimpin esports dunia.

“Misi kita adalah mendorong pertumbuhan esports Tanah Air dengan menjadikan Indonesia sebagai pusat esports yang paling aktif dan menarik, minimal di Asia,” terangnya.

Kata Budi Gunawan lagi, penyelenggaraan IESF 14th WEC Bali 2022 memang dirancang untuk menjadi standar baru wajah esport dunia. Tidak hanya menjadi festival besar bagi masyarakat esports, tetapi juga sebagai sarana pengembangan dan pemberdayaan berbagai sektor lain, yaitu teknologi, pendidikan, industri kreatif, pariwisata, hingga hiburan.

“PBESI ingin memastikan perkembangan esports di Tanah Air tidak hanya sekedar menjadi jenis permainan belaka. Akan tetapi harus dikembangkan agar memiliki banyak manfaat lain bagi pembinaan generasi muda," demikian Budi Gunawan.

ARTIKEL LAINNYA