Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Harumkan Indonesia, Atlet Porbin Raih Medali Emas di Kejuaraan Dunia IWF Kolombia

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 15 Desember 2022, 11:08 WIB
Harumkan Indonesia, Atlet Porbin Raih Medali Emas di Kejuaraan Dunia IWF Kolombia
Rizki Juniansyah mempersembahkan emas bagi Indonesia di ajang International Weightlifting Federation (IWF) World Championship 2022 di Bogota, Kolombia/Ist
Atlet angkat besi atau lifter nasional Rizki Juniansyah tampil gemilang di ajang International Weightlifting Federation (IWF) World Championship 2022 yang berlangsung di Kota Bogota, Kolombia.

Tak tanggung-tanggung, Rizki yang merupakan atlet binaan Persatuan Olahraga Badan Intelijen Negara (Porbin) ini menyabet tiga medali. Yakni, 1 emas dan 2 perak.

Medali emas dipersembahkan Rizki untuk Indonesia setelah berhasil melakukan angkatan di kategori snatch 155 kg. Sedangkan 2 medali perak diperoleh untuk angkatan clean and jerk 192 kg dan total angkatan (total result) 347 kg.

Hasil yang diperoleh oleh salah satu atlet muda terbaik Indonesia tersebut memang sudah diprediksi sejak awal, meskipun Rizki harus bertarung dengan atlet-atlet andalan dari China, Kazakhstan, Bulgaria, Jepang, dan Turki.

Atas prestasi itu, Rizki menyampaikan terimakasih kepada Kepala BIN, Budi Gunawan, yang senantiasa mendukung dan mengapresiasi atlet seperti dirinya untuk terus berprestasi dalam wadah Porbin.

Menurut Rizki, perhatian dan kepedulian Budi Gunawan kepada Porbin dan seluruh atlet serta pelatih yang tergabung di dalamnya dapat terus mencetak prestasi dalam berbagai kejuaraan, baik tingkat nasional maupun internasional.

"Di lingkungan Porbin, kami para atlet bisa tenang dan terus didorong untuk fokus berlatih dan terus semangat agar dapat mengharumkan nama Indonesia di level internasional. Porbin menyediakan berbagai fasilitas sekaligus memberikan kepercayaan besar kepada saya agar dapat lolos ke Olimpiade Paris 2024," ujar Rizki dalam keterangannya, Kamis (15/12).

Rizki merupakan salah satu dari lima lifter yang diberangkatkan oleh Porbin untuk mengikuti IWF World Championship Bogota 2022 ini.

Selain Rizki, Rahmat Erwin Abdullah juga berhasil menyabet medali emas dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022. Dia meraih 2 emas masing-masing di angkatan clean and jerk dan total angkatan kelas 73 kg Grup B.

IWF World Championship Bogota 2022 berlangsung antara 5-16 Desember 2022 dan merupakan salah satu dari 7 turnamen angkat besi menuju Olimpiade Paris 2024.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA