Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Jadi Ketum Terinspiratif dalam Munas Perbakin 2022, Joni Supriyanto Lanjut ke Periode 2

LAPORAN: AGUS DWI
  • Sabtu, 17 Desember 2022, 20:45 WIB
Jadi Ketum Terinspiratif dalam Munas Perbakin 2022, Joni Supriyanto Lanjut ke Periode 2
Ketua Umum PB Perbakin Letjen TNI (purn) Joni Supriyanto siap lanjut ke periode 2/Ist
Sosok Letjen TNI (purn) Joni Supriyanto tampaknya akan melenggang menuju periode kedua kepemimpinannya di Pengurus Besar Persatuan Menembak Indonesia (PB Perbakin). Selain tak ada sosok lain yang sebanding, Joni juga baru saja mendapat penghargaan sebagai Ketua Umum Terinspiratif.

Penghargaan tersebut diterima Joni dalam acara Gala Dinner yang merupakan rangkaian dari Musyawarah Nasional (Munas) XIX PB Perbakin di Jakarta pada 17-18 Desember 2022. Tak hanya Joni, sejumlah atlet dan jajaran manajermen berprestasi juga mendapat penghargaan lainnya dalam Munas kali ini.
 
Disampaikan Joni Supriyanto, acara Gala Dinner ini diikuti oleh keluarga besar Perbakin yang telah bekerja sama selama empat tahun terakhir ini.
 
Selain itu, Munas yang akan berlangsung di Lapangan Tembak Senayan ini juga dalam rangka Kejuaraan Nasional antar-Pemprov tahun 2022 yang menjadi ajang kualifikasi PON 2024 di Aceh dan Sumatra Utara (Sumut).

"Hal ini bertujuan agar para pengurus Pemprov Perbakin seluruh Indonesia dapat melihat secara langsung para atletnya berlomba, serta berharap dapat melihat perubahan dan perkembangan lapangan tembak Perbakin saat ini," kata Joni saat menyampaikan kata sambutan, Jumat  (16/12).
 
"Malam ini, kami hadirkan juga para atlet yang berprestasi membawa nama baik bangsa dan negara Indonesia serta nama baik Perbakin di kancah Internasional, seperti SEA Games Filipina, maupun SEA Games Vietnam," sambungnya.
 
Joni sendiri mendapat penghargaan sebagai Ketum Perbakin Terinsipiratif dalam acara Gala Dinner ini. Lebih menariknya lagi, dia bakal diangkat kembali menjadi Ketum Perbakin periode 2022-2026 saat pelaksanaan Munas, karena tidak ada orang selain dirinya yang berani mencalonkan diri.
 
"Enggak ada yang berani mencalonkan diri. Jadi, saya sendiri. Sampai hari ini tidak ada yang mendaftar menjadi (calon) ketum," terangnya.
 
Meski demikian, Joni menjelaskan, bukan tugas mudah bagi Perbakin untuk memajukan olahraga menembak di Tanah Air, baik itu secara prestasi, regenerasi atlet, hingga pengembangan sarana dan prasarana.

Menurutnya, semua itu perlu waktu yang tidak sebentar. Pun butuh kerja sama apik dari seluruh pihak terkait.
 
"Saya dari empat tahun ini belajar dari beberapa negara yang hebat. Jadi, menciptakan atlet yang hebat jadi juara dunia itu bukan dalam waktu yang pendek dan bukan pekerjaan yang mudah. Perlu keseriusan dan kesinambungan, itu yang paling penting," tegas Joni.

Lebih jauh, Joni pun memaparkan visi misi Perbakin di bawah kepemimpinannya untuk kurun 4 tahun ke depan.
 
"Saya akan melanjutkan dan meningkatkan program kerja yang sudah dikerjakan pada 2018-2022. Jika kemarin masih seputar persiapan sarana dan prasarana yang hari ini hampir tuntas, selanjutnya kita akan fokus ke prestasi atlet," demikian Joni Supriyanto.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA