Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Atlet Rusia dan Belarus Sudah Bisa Tanding di Kompetisi Asia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 26 Januari 2023, 08:18 WIB
Atlet Rusia dan Belarus Sudah Bisa Tanding di Kompetisi Asia
Komite Olimpiade Internasional (IOC)/Net
Atlet Rusia dan Belarus dapat berpartisipasi dalam pertandingan Asia di tengah upaya dunia untuk mengisolasi Moskow karena perang di Ukraina.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada Rabu (25/1) mengatakan Dewan Olimpiade Asia telah menawarkan kesempatan kepada atlet Rusia dan Belarus untuk berkompetisi di Asia.

"Kami menyambut dan menghargai tawaran dari Dewan Olimpiade Asia untuk memberi para atlet (Rusia dan Belarus) ini akses ke kompetisi Asia," kata IOC, seperti dikutip Reuters.

IOC sangat ingin memasukkan atlet Rusia dan Belarus di bawah bendera netral di Olimpiade Paris 2024, yang berarti berkompetisi di bawah bendera Olimpiade, tetapi masih belum jelas apakah hal itu dapat dilakukan.

Beberapa komite Olimpiade nasional, termasuk kelas berat Olimpiade Amerika Serikat, telah mendukung kemungkinan kembalinya para atlet tersebut di bawah bendera netral.

IOC mengatakan telah berkonsultasi dengan para pemangku kepentingan, bahwa tidak boleh ada atlet yang dilarang bertanding hanya karena paspor mereka.

Sejak invasi Rusia ke Ukraina pada Februari tahun lalu, banyak badan olahraga telah memindahkan acara dan menangguhkan tim atau atlet Rusia sementara sponsor mengakhiri kontrak sebagai protes terhadap perang.

ARTIKEL LAINNYA