Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lintasi Tiga Negara, Komunitas Moge Gelar Tour Merah Putih De Borneo 360 Derajat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 07 Maret 2023, 22:23 WIB
Lintasi Tiga Negara, Komunitas Moge Gelar Tour Merah Putih De Borneo 360 Derajat
Peserta Tour Merah Putih De Borneo 360 Derajat 2023/Ist
rmol news logo Hobi jalan-jalan dengan motor gede, menjadi sarana beberapa komunitas untuk mengenal dan memperkenalkan Indonesia. Mereka adalah komunitas yang tergabung dalam GaSaXIndonesia, yang sedang menggelar Tour Merah Putih De Borneo 360 Derajat 2023.

“GaSaXIndonesia merupakan gabungan dari beberapa komunitas yang bersatu, berteman, bermain bersama dengan moge," tutur Kapten Tim Komjen Pol (Purn) Arif Wachjunadi dalam keterangan tulis yang diterima di Jakarta, Selasa (7/3).

Komunitas yang tergabung adalah MBI Bandung, MBI Tangerang, GSrek West Java, Reborn MC, Blind Eagle MC, Street Junkie,Timbangnglangut Solo, Freerider Manado, Freerider Medan, serta Ontahood.

Arif Wachjunadi menjelaskan, Tour Merah Putih De Borneo 360 Derajat yang merupakan tur moge yang panjang untuk mengenal dan memperkenalkan kekayaan Indonesia, digelar sejak 1 Maret dan akan berakhir 18 Maret mendatang.

“Tur kami bagi menjadi dua etape dengan melintasi 3 negara yakni Indonesia, Malaysia, dan Brunei serta melintasi 5 provinsi di Kalimantan,” terangnya.

Menurut Arif, Tour Merah Putih De Borneo 360 Derajat 2023 selain untuk mengenal dan memperkenalkan Indonesia, seiring perjalanan peserta tur juga dapat menjalin saling komunikasi sesama rider, mencari teman, pengalaman hingga tempat baru.

Rencanya, kata dia, tur itu akan menyambungkan jalur gravel darat dari Kalabakan Tawau Malaysia ke Sei Manggaris, Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara Indonesia.

"Selain itu juga mengunjungi Konsulat Jenderal Indonesia Serawak di Kuching, mengunjungi Kedutaan Indonesia di Brunei Darussalam, mengunjungi Konsulat Jenderal Sabah di Kinabalu, serta mengunjungi Konsulat Jenderal Tawau di Tawau,” terangnya.

Adapun beberapa rute yang bakal dirambah adalah Tip of Borneo Kudat Kinabalu Sabah, titik paling utara dan paling timur. Melintasi perbatasan Malaysia dan Indonesia dari Kalabakan Tawau ke Seimanggaris Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara.

Mengelilingi Pulau Kalimantan searah jarum jam berangkat dari Pontianak melewati Malaysia dan Brunei Darussalam dan berakhir di Pontianak, hingga Tour area Gunung Kinabalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA